123 Warga Palangkaraya Terjangkit DBD

0
Ilustrasi DBD
Ilustrasi DBD. (ist)
SERUPALANGKARAYA.COM, Palangkaraya – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mencatat sejak Januari hingga September 2017 sebanyak 123 warga positif terjangkit penyakit demam berdarah dengue.

“Dari seluruh kasus itu, satu warga dinyatakan meninggal dunia yang terjadi pada bulan Februari lalu. Selebihnya sehat kembali setelah mendapat perawatan kesehatan,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Maria Jaquelina di Palangka Raya, Jumat (27/10).

Data yang dimiliki Dinas Kesehatan Palangka Raya merinci ke-123 kasus tersebut terdiri dari 11 kasus terdata pada bulan Januari, 19 kasus pada Februari dan 27 kasus pada Maret.

Selanjutnya pada April tercatat 23 kasus, Mei 21 kasus, Juni dua kasus, Juli tiga kasus, Agustus tujuh kasus dan pada September tercatat 11 kasus DBD.

Sementara pada 2016 lalu, Dinkes “Kota Cantik” Palangka Raya mencatat telah terjadi 318 kasus DBD.

Pihaknya pun memperkirakan kecenderungan perkembangan kasus DBD akan terus meningkat dan mencapai puncaknya pada akhir 2017 hingga awal 2018.

Untuk itu, Maria mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup bersih dan sehat (PBHS), melaksanakan gerakan masyarakat sehat (Germas).

Menurut dia, upaya tersebut bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti rajin menguras tempat penampungan air, selalu menutup tempat penampungan air dan mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air.

“Masyarakat juga agar aktif melakukan upaya antisipasi penyebaran DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan minimal di lingkungan keluarga,” katanya.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dan sebagai salah satu strategi paling efektif dalam memastikan masyarakat di kota ini selalu sehat. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: