5 Napi Kabur dari Lapas saat Hujan Deras

0
SERUJAMBI.COM – Tujuh narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Jayapura berhasil kabur sekira pukul 11.45 WIT. Namun, dua diantranya berhasil ditangkap.
Kepala Lapas Klas II Jayapura, Budi Hartoyo mengungkapkan, ketujuh napi kabur saat hujan deras mengguyur Kota Abepura siang tadi.
“Jadi pas turun hujan deras itu mereka bobol pagar ornamen, dan kemudian dengan cara saling bopong dengan berpijak pada kendaraan pikup yang rusak dipinggir tembok itu, hingga lima orang berhasil kabur memanjat tembok Lapas bagian depan,” ungkap Budi, Selasa (24/10/2017).
Sementara, dua napi lainnya ketahuan petugas dan penghuni lapas lain yang akan salat dhuhur.
“Dua orang berhasil ditangkap, karena aksi mereka diketahui petugas dan jemaah,” katanya.
Guna melakukan pengejaran atas lima narapidana yang berhasil kabur tersebut, pihak lapas telah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk melakukan pengejaran.
“Kita sudah koordinasi dengan aparat kepolisian dan Koramil Abepura untuk pengejaran,” ucapnya.
Kakanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Abner Banosro menyebut pihak Lapas kekurangan personil hingga selalu terulang insiden kaburnya narapidana. Dia menyebut, dengan jumlah yang minim tersebut penjagaan di Lapas masih longgar.
“Idealnya untuk satu regu jaga sebanyak 6 sampai 7 petugas, namun karena kekurangan ini hanya 3 sampai 4 petugas dalam satu regu,” kata Abner.
Aparat kepolisian dari Polsek Abepura Kota bersama anggota Timsus Polda Papua dan Anggota TNI Koramil Abepura saat ini masih melakukan pencarian narapidana yang kabur tersebut ke arah pegunungan yang tidak jauh dari lepas. Aparat meyakini kelimanya melarikan diri kegunung tersebut.(jin/okezone.com)
Sumber : Okezone.com
Loading Facebook Comments ...
loading...