ADB: KPBU Bantu Kurangi Kesenjangan Infrastruktur Asia

0
Asian Development Bank (ADB). Foto: Istimewa
SERUNESIA.COM, Jakarta – Bank Pembangunan Asia (ADB) menyatakan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) bisa membantu negara-negara di Asia Pasifik mengurangi kesenjangan kebutuhan sarana infrastruktur.

“Jika dilaksanakan dengan benar, KPBU berpotensi mengisi kebutuhan infrastruktur yang sangat besar di kawasan ini,” kata Kepala Ekonom ADB Yasuyuki Sawada dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa (26/9).

Sawada menambahkan kemampuan modal maupun keahlian teknis swasta dalam pengadaan sarana infrastruktur sangat dibutuhkan pemerintah dalam mewujudkan terciptanya pembangunan berkelanjutan.

Saat ini kebutuhan pembangunan infrastruktur di kawasan Asia Pasifik sangat besar, karena masih ada 400 juta penduduk yang hidup tanpa listrik, 300 juta orang tanpa kebutuhan air bersih memadai dan lebih dari 1,5 miliar orang tanpa sanitasi dasar.

“Sumber daya pemerintah dan lembaga keuangan internasional tidak cukup memenuhi kebutuhan infrastruktur tersebut. Ini yang dapat dibantu oleh swasta melalui skema KPBU,” tambah Sawada.

Bab khusus dalam publikasi ekonomi terbaru ADB Asian Development Outlook (ADO) 2017 menyatakan skema KPBU merupakan sumber pembiayaan sangat penting bagi kawasan ini untuk menutup kekurangan pembiayaan infrastruktur yang nilainya mencapai 500 miliar dolar AS per tahun.

Laporan tersebut mencatat bahwa jika dilaksanakan dengan tepat, skema KPBU dapat meningkatkan pengadaan infrastruktur serta layanan publik lainnya, sehingga efektif dalam mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif.

Model KPBU saat ini sedang berkembang di Asia dengan jumlah proyek, yang menggunakan skema ini, meningkat dan tumbuh empat kali lipat dalam 25 tahun terakhir.

Skema ini banyak dimanfaatkan untuk proyek-proyek di kawasan Asia Timur maupun Asia Selatan, dengan fokus pembangunan pada sektor energi dan transportasi.

Meski demikian, terdapat sejumlah bidang yang mulai dijajaki untuk menggunakan skema pembiayaan KPBU yaitu sektor kesehatan dan pendidikan.

Untuk melaksanakan program KPBU secara efektif, publikasi ini mencatat adanya sejumlah hal yang harus dibenahi yaitu tata kelola, legislasi, struktur kelembagaan dan pengetahuan mengenai KPBU.

Pemerintah di kawasan Asia Pasifik bisa memanfaatkan skema pembiayaan KPBU melalui alokasi risiko yang optimal pada pemangku kepentingan, menjalankan regulasi yang tepat, memilih proyek infrastruktur yang pas dan menemukan mitra swasta yang memadai. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: