Agen Bapok Angso Duo Pindah ke Pasar Induk

0
Angso Duo
Penampakan pasar modern Angsoduo yang hampir selesai dibangun. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Mulai 3 Oktober 2017 nanti, seluruh agen dan sub-agen yang mensuplai kebutuhan bahan pokok (Bapok) yang ada di Pasar Angso Duo harus pindah ke pasar induk di Pal 10 Kota Baru, Jambi.
Doni, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jambi mengatakan, saat ini pihaknya tengah memfinalkan pembangunan kios dan fasilitas yang akan ditempati oleh para agen di pasar itu. “Ada 146 kios yang kita sediakan untuk para agen di pasar Induk Pal 10. Insya Allah, Oktober nanti sudah final,” kata Doni, Selasa (26/09/2017).
Menurut Doni, fasilitas dan kios yang dibangun di atas lahan seluas 4 hektar itu, cukup untuk menampung agen-agen yang saat ini berjualan di Pasar Angso Duo. Sedangkan untuk sub-agen yang jumlahnya mencapai 800, disediakan tempat non-permanen. “Sub agen ini kan sifatnya non permanen, jadi tidak kita sediakan fasilitas permanen. Tapi semuanya tertampung. Kan mereka ini jualannya dari malam sampai jam tujuh pagi,” sabut dia.
Untuk penempatan kios, kata Doni, akan dilakukan dengan cara pencabutan undian. Tujuannya agar tidak terjadi kecemburuan sosial.“Agen langsung yang mencabut undian. Jadi fair, siapa yang di depan dan siapa yang di belakang,” sebutnya.
Dengan beroperasinya pasar induk di Pal 10 ini, agen dan sub-agen dilarang melakukan bongkar muat barang langsung ke Pasar Angso Duo. Jika ini dilanggar, agen dan sub-agen akan dijatuhkan sanksi dan tidak diizinkan lagi berjualan di pasar-pasar yang ada di Kota Jambi. “Kawasan Angso Duo itu kan pusat kota. Ini truk besar melakukan bongkar muat barang sampai jam 10 siang.  Akibatnya, jalan-jalan di sekitar angso duo ini macet. Kedepan ini tidak dibenarkan lagi,” tegasnya.
Pengoperasi pasar induk pal 10 ini sedikit molor dari jadwal yang ditetapkan Pemkot Jambi. Jadwal semula, pemindahan agen dan sub-agen yang ada di pasar Angso Duo dilakukan pada 25 September 2017 kemarin. Namun karena kondisi pintu masuk pasar induk masih diperbaiki oleh dinas PU, sehingga pemindahan diundur hingga 3 Oktober 2017 mendatang. Saat ini Disperindag terus melakukan sosialisasi ke seluruh agen dan sub-agen agar pindah ke kios baru yang berada di pasar induk.(clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...