Alex Noerdin, Kandidat Kuat Cawapres Pengganti Hatta Rajasa

0
Alex Noerdin (tengah), bersama SY Fasha (kanan) dan Sultan Iskandar Mahmud Badarudin. Foto: Eddy Djunaedi/Seru Jambi

SERUJAMBI.COM – Meski pemilihan presiden (Pilpres) RI masih lama, namun, kandidat-kandidat yang bakal “bertarung” kini mulai bermunculan. Dari Sumatera, setelah Hatta Rajasa yang mendampingi Prabowo pada Pilpres lalu, sekarang muncul lagi tokoh baru. Adalah Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), yang digadang-gadang bakal jadi kandidat kuat maju sebagai wakil presiden RI.

Keturunan raja Palembang, Sultan Iskandar Mahmud Badarudin, menyampaikan dukungannya secara langsung kepada Alex Noerdin, dalam acara halal bi halal Sumbagselteng di halaman Balaikota Jambi, Sabtu (26/8/2017). Alex Noerdin juga hadir pada acara yang diadakan Walikota Jambi SY Fasha itu.

“Kita harapkan Pak Alex Noerdin bisa menjadi wakil presiden ke depannya,” ungkap Sultan Iskandar Mahmud Badarudin, disambut meriah seluruh undangan yang hadir.

Usai acara, Seru Jambi mewawancarai langsung Alex Noerdin terkait wacana dirinya maju sebagai wakil presiden. Alex menjawab diplomatis, “Ah… enggak… enggak… itu orang becanda aja,” tutur Alex singkat, sembari masuk ke mobil dinasnya.

Saat acara halal bi halal keluarga besar Sumatera Selatan dan Tengah itu, Alex memaparkan visi pembangunannya untuk Sumatera Selatan. “Kita harus bangga sebagai orang Palembang, karena Palembang tidak kalah dengan daerah lain yang lebih maju. Berbagai event nasional dan internasional banyak digelar di Palembang,” ujar Alex.

Alex menambahkan, membangun itu tidak hanya untuk dunia, namun juga untuk akhirat. Seperti, memerangi musuh Islam yaitu kebodohan dan kemiskinan. Dari itu, ia berencana membangun Universitas Islam Negeri Raden Fattah, Islamic Center dan Masjid Raya Sriwijaya.

“Masjid yang begitu indah dan tercantik se-Asia, mari kita ke Palembang dan sholat berjamaah. Untuk ongkos, minta dengan Walikota Jambi (SY Fasha, red),” candanya, disambut tawa SY Fasha dan undangan yang hadir.

Alex sempat pula menanggapi pembangunan di Kota Jambi. Katanya, saat mendarat di Bandara Sultan Thaha Jambi, masuk ke kawasan Kota Jambi, begitu banyak perubahan terlihat. Di matanya Kota Jambi jauh lebih bersih, maka, wajar jika Kota Jambi mendapat Piala Adipura sebagai penghargaan atas daerah terbersih di Indonesia. “Kemajuannya signifikan,” ulas Alex.

Untuk diketahui, Alex Noerdin, adalah tokoh yang lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 9 September 1950. Ia sudah dua periode menjabat Gubernur Sumsel. Sebelumnya, ia menjabat Bupati Musi Banyuasin selama 2 periode berturut-turut (2001-2006 dan 2007-2012). Pada 14 Juni 2008, dalam periode kedua masa jabatannya, ia mengundurkan diri terkait dengan pencalonan dirinya sebagai Gubernur Sumatera Selatan dalam Pilkada Sumatera Selatan periode 2008-2013.

BACA JUGA: Berikut Daftar Calon Pendamping Jokowi

Pada pemilihan umum Gubernur Sumatera Selatan 2013 pada tanggal 6 Juni 2013. Alex maju didampingi Ishak Mekki, Bupati Ogan Komering Ilir. Alex dan Ishak diusung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Bulan Bintang. Ia kembali memenangkan pemilihan umum tersebut dan menjadi gubernur Sumatera Selatan untuk kedua kalinya.

Alex Noerdin adalah putra ketiga dari tujuh bersaudara pasangan H Muhamad Noerdin Pandji yang berasal dari Gunung Meraksa Baru, Empat Lawang dengan Hj Siti Fatimah yang berasal dari Sekayu Musi Banyuasin.

Ia menikah dengan Sri Eliza. Pasangan ini dikaruniai tiga anak. Anak pertama bernama Dodi Reza Alex Noerdin menikah dengan seorang presenter Metro TV bernama Thia Yufada, mereka dikaruniai anak kembar yang dinamai Aletta Khayarra Alex dan Atalie Mazzaya Alex.

Anak kedua bernama Deni Akendra Alex yang meninggal dunia pada tahun 2003. Anak ketiganya adalah Luri Elza Alex adalah seorang pengacara. Ia menikah dengan Marko Klemt yang juga seorang pengacara, mereka tinggal di Frankfurt am Main.(edz/wikipedia)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: