Anggota Parlemen Puji Peserta Debat Konstitusi MPR

0
Anggota DPR RI TB Hasanuddin. Foto: Istimewa

SERUNESIA.COM, Jakarta – Anggota DPR RI TB Hasanuddin dan Rambe Kamarulzaman memuji kualitas mahasiswa yang menjadi semifinalis dan finalis lomba debat konstitusi dalam rangka hari ulangtahun MPR RI ke-72.

“Perdebatan ini bukan soal salah atau benar, tetapi argumen-argumen yang berdasarkan dogmatis dan logis,” kata TB Hasanuddin yang menjadi salah satu juri dalam lomba debat tersebut.

Ia menilai argumen yang disampaikan peserta debat bisa menjadi masukan bagi amandemen undang-undang dasar.

“Argumen-argumen baik yang dogmatis dan logis bisa menjadi masukan bagi kami untuk perbaikan amandemen UUD pada saatnya nanti,” katanya.

Debat konstitusi dalam rangka hari ulang tahun MPR RI ke-72 memasuki babak semifinal dan final pada Selasa (29/8).

Pada babak ini, peserta lomba debat yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi itu membahas mengenai penguatan wewenang DPD setara dengan DPR.

Format debat dibagi dua tim menjadi kelompok pro penguatan DPD setara DPR dan kelompok yang kontra.

Sementara itu Rambe Kamarulzaman mengatakan perdebatan berlangsung menarik.

Menurutnya perdebatan dalam lomba ini sama dengan perdebatan pembahasan UU di DPR.

“Saya kira hampir sama dengan perdebatan untuk membentuk UU yang membutuhkan pemahaman dan menyampaikan secara logis, adik-adik sudah pantas anggota DPR. Perdebatan yang berlangsung sangat baik, karena telah dipersiapkan dengan baik,” tuturnya.

Dewan juri lomba debat pada babak ini terdiri dari tujuh orang masing-masing anggota lembaga pengkajian MPR TB Hasanuddin, Rambe Kamarulzaman, TB Soenmanjaya, Prof Syamsul Bahri.

Dari kalangan akademisi dan ahli hukum tata negara Susi Dwi Harijanti dan Kepala Biro Sespim MPR M. Rizal.

Pimpinan MPR dijadwalkan menutup acara lomba debat konstitusi dan drafting konstitusi pada Selasa malam mulai pukul 19.30 WIB. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: