Antisipasi Banjir, Pemkot Normalisasi Sungai

0
Walikota Jambi Syarif Fasha. Foto: Kaspul Anwar
SERUJAMBI.COM, Jambi – Menghadapi musim banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melakukan pembersihan drainase dan normalisasi sungai-sungai kecil yang melintas di dalam Kota Jambi.
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, bahwa hal itu merupakan antisipasi dan persiapan yang dilakukan Pemkot Jambi menyongsong musim hujan, yang di prediksi BMKG akan mulai mengguyur wilayah Provinsi Jambi secara menyeluruh di minggu kedua November nanti. “Kita sudah melakukan antisipasi agar Kota Jambi tidak banjir di musim hujan ini. Diantaranya dengan membersihkan selokan dan normalisasi sungai-sungai kecil,” kata Fasha, Selasa (17/10/2017).
Dengan antisipasi ini, Fasha berharap, tahun 2017 ini tidak lagi terjadi banjir di Kota Jambi seperti tahun sebelumnya. “Makanya kita lakukan berbagai antisipasi, mudah-mudahan tidak terjadi banjir lagi,” harapnya.
Menanggapi keluhan warga yang mengalami kebanjiran akibat drainase yang tertutup sampah, akibat terhalang pipa PDAM dan kabel fiber optik, Fasha mengaku sudah menghubungi pihak PDAM dan meminta pipa tersebut dipindahkan. “Saya sudah menelepon PDAM supaya mereka menggeser pipa tersebut,” ujarnya lagi.
Fasha juga tidak menyalahkan Dinas Lingkungan Hidup maupun Dinas Pekerjaan Umum terkait sedimentasi sampah maupun tanah yang ada didalam box culvert atau drainase. Mengingat banyaknya jumlah drainase di Kota Jambi. “Kita tidak bisa menyalahkan dinas ini atau dinas itu. Jumlah drainase inikan sangat banyak hingga ribuan. Sudahlah, tidak perlu berkoar koar. Cukup kita bersihkan bersama sama,” pintanya.
Fasha juga meminta masyarakat agar langsung melapor ke dinas terkait jika menemukan drainase yang tidak mengalir dengan optimal. “Kalau ada laporan tersebut jangan disebar di media sosial, namun langsung lapor ke kami agar segera kami tindak. Kita sudah membangun seribu, karena satu ini jadi rusak semua,” pintanya lagi.
Tak hanya normalisasi, Fasha juga berjanji akan mengerahkan semua camat agar kembali menggalakkan fogging. Sehingga, ketika musim hujan datang, demam berdarah yang selama ini menjadi sumber penyakit dapat dihindari. “Jangan juga hanya mengandalkan fogging. Warga juga jangan buang sampah sembarangan. Kalau lingkungan kita sehat, tentu penyakit tidak mudah datang,” pungkasnya.(clp/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: