Bagi Dosen Menulis Sebuah Kewajiban

0
Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar. (ist)
SERUBANJARMASIN.COM, Banjarmasin – Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Kota Banjarmasin Syahbuddin, berpendapat seorang dosen menulis itu merupakan sebuah kewajiban.

Hal ini tertuang secara formal pada UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 12 ayat 3 mengenai pengembangan budaya baca tulis sivitas akademik dan Permen PAN-RB No. 17/2013, Pasal 7 Huruf C tentang pelaksanaan penelitian, katanya kepada Antara Kalsel, di Banjarmasin, Kamis (9/11).

Pelaksanaan penelitian itu yang meliputi antara lain menghasilkan karya ilmiah, menerjemahkan/menyadur buku ilmiah, mengedit/menyunting karya ilmiah, membuat karya yang dipatenkan, serta membuat karya seni monumental/seni pertunjukan/karya sastra.

Selain melaksanakan kewajiban di atas, menulis juga dapat meningkatkan kreativitas dan kualitas seorang dosen. Dengan menulis, otomatis seorang dosen selalu dituntut untuk mengupdate pengetahuannya secara teoritis maupun praktis.

Untuk membantu dosen meningkatkan kualitas menulisnya, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin mengadakan Workshop buku ajar dan karya ilmiah populer selama 2 hari, tanggal 6-7 November 2017.

Tema yang diangkat adalah Designing Learning Materials: A Gateway to Pedagogical Development tuturnya.

Pada kegiatan ini setiap peserta diminta untuk menyusun dan mempresentasikan buku ajar dan karya ilmiah populer yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kemudian, pemateri akan memberikan catatan atau umpan balik terhadap buku ajar dan karya ilmiah populer yang disajikan oleh peserta.

Narasumber yang diminta untuk memberi materi buku ajar adalah Dr Sainul Hermawan, M.Hum, seorang pakar pembelajaran sastra dari ULM Banjarmasin yang sudah berpengalaman dalam menulis artikel maupun buku.

Sedangkan narasumber yang diminta untuk memberi materi karya ilmiah populer adalah Muhammad Yamin, M.Pd, juga dari ULM Banjarmasin. Beliau seorang dosen sekaligus penulis berpengalaman.

Acara ini dihadiri oleh pimpinan STKIP PGRI Banjarmasin dan seluruh dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris, ditambah dosen-dosen dari prodi lain seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan PGSD.

Selain mengatahui cara membuat buku dan atikel, ada hal-hal berguna terkait dengan pekerjaan seorang dosen yang dapat disimpulkan dari kegiatan workshop ini.

Pertama, menulis itu dapat sebagai alat pengembangan karir. Kedua, menulis dapat meningkatkan kesejahteraan. Terakhir, menulis itu dapat meningkatkan kredibilitas lembaga tempat dosen bekerja. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...