Bakal Dapat Gelar Adat, Bobby-Kahiyang Ganti Nama?

0
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat acara adat pemberian marga. (ist)
SERUNESIA.COM, Medan – Lewat prosesi penabalan gelar adat, Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu bakal mendapat nama baru. Menurut adat Mandailing, mereka berdua tak akan lagi memakai nama lama mereka dan diganti dengan nama adat itu.

Darmin Nasution selaku pihak suhut alias yang punya hajat menjelaskan hal ini pada jumpa pers di Media Center, Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/11/2017).

“Sebenarnya kalau di Mandailing, di Angkola, dan di Toba, maka dia akan dipanggil dengan nama itu (nama baru yang didapat lewat penabalan gelar adat),” kata Darmin.

Menurut adat Mandailing, nama Bobby dan Kahiyang bakal menjadi nama kecil yang tak boleh dipakai lagi setelah mendapatkan gelar adat. Namun demikian namun demikian barangkali, Darmin memprediksi, Bobby dan Kahiyang seperinya bakal tetap dipanggil sebagaimana biasanya saja bila hidup di Jakarta.

“Tapi ya nggak tahunya, di Jakarta nggak begitu. Dia biasa saja,” kata Menko Perekonomian ini.

Bobby dan Kahiyang bakal dipanggil dengan nama baru hanya bila berada di konteks adat Mandailing. “Tapi begitu dia (Bobby) pulang, dia dipanggil dengan nama gelar itu. Begitu juga istrinya (Kahiyang),” kata Darmin.

Lalu gelar adat apa yang bakal menjadi nama dewasa untuk Bobby dan Kahiyang itu?
“Itu nanti. Tunggu saja waktu ditabalkan (25 November),” kata Darmin. (detik/ara)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: