Banjir Dua Pekan, Ribuan Ikan Keramba Mati

0
Ilustrasi ikan kerapu. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Para pengusaha ikan keramba di Sungai Batanghari, dibuat merugi. Pasalnya, ikan-ikan dalam keramba mereka mati secara mendadak. Kematian ikan-ikan ini, disebabkan oleh meluapnya Sungai Batanghari sejak 2 pekan ini.
Andi, pengusaha ikan keramba asal Desa Sekernan, mengungkapkan, kalau setiap harinya ikan-ikan dikerambanya mati. Dalam sehari, ikan nila miliknya yang mati mencapai 50 hingga 75 kg. Padahal, ikan-ikan di kerambanya itu belum mendekati usia panen.
“Semenjak air sungai Batanghari naik terus, ikan nila keramba saya banyak yang mati, 50 hingga 75 kg setiap harinya,” ucapnya.
Andi melanjutkan, selain ikannya banyak yang mati, ia juga mengeluhkan banyaknya sampah yang hanyut terbawa air. Sampah-sampah ini kemudian tersangkut di jaring keramba dan menyebabkan jaring robek, serta membuat banyak ikan miliknya yang lepas. “Robek hampir setiap hari, oleh sampah kayu-kayu besar, banyak ikan lepas jadinya,”sebutnya
Dari itu, Andi berharap kondisi ini tidak berlangsung lama dan mendapat perhatian pemerintah.
“Ya smoga saja tidak sampai banjir, sebab bila banjir, saya rasa akan banyak petani ikan yang mengalani kerugian. Saya saja sudah merugi puluhan juta karena banyak ikan yang mati dan lepas akibat banjir ini,” pungkasnya.(iis/clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...