Batas Wilayah Kota Jambi-Muaro Jambi Rampung

0
batas wilayah
Ilustrasi patok batas wilayah
SERUJAMBI.COM, Jambi – Setelah menunggu lama, akhirnya batas wilayah antara Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi rampung.
Assad Prawira, Kasubag Pertanahan dan Perbatasan pada Bagian Pemerintah Setda Kota Jambi mengatakan, selesainya batas wilayah kedua daerah ini setelah turunnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 88 tahun 2017 tentang kesepakatan batas daerah antara Kota Jambi dan Muaro Jambi. “Dengan adanya Permendagri ini, batas wilayah Kota Jambi dengan Muaro Jambi selesai,” kata Assad, Rabu (18/10/2017).
Dalam Permendari yang baru keluar itu, sebut Assad, wilayah Kota Jambi mendapat penambahan wilayah sekitar 1 hingga 2 kilometer, hingga ke wilayah SPN.
Untuk diketahui, sebelum adanya Permendagri ini, batas wilayah kedua daerah ini masih diributkan. Selama ini hanya batas wilayah bagian utara kota yang sudah ada kejelasan, yaitu perbatasan antara Kecamatan Danau Teluk dan Kecamatan Pelayangan dengan Muaro Jambi. Kejelasan batas wilayah dua wilayah itu, sudah ditentukan dengan titik koordinat dari peta lama yang diterbitkan tahun 2003 dan sudah ditandatangani dua kepala daerah saat itu.
Sedangkan sejumlah titik lainnya masih ada sedikit keraguan. Namun dengan adanya Permendagri ini, tidak ada lagi keraguan dalam penetapan batas wilayah.
Menurutnya, dari Permendagri yang baru dikeluarkan ini, koordinat tidak berubah. “Yang cenderung berubah tarikan garis, bisa bengkok bisa lurus dan bisa juga zigzag,” ujarnya lagi.
Dia menyebutkan, ada juga pergeseran patok, tepatnya di Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo. Yaitu terjadi perubahan patok 36. “Terjadi perubahan patok 36, sebelumnya patok ini tak ditemukan. Waktu kami tracking kelapangan, kami temukan. Tadinya garis tarikan  berbentuk kedalam, saat ini tarikan jadi lurus, dari PBU 30 ke BH 18,” jelasnya.
Setelah adanya Permendagri ini, pihaknya akan memasang sejumlah patok batas. “Tahun ini baru kita anggarkan 10 patok batas, tahun depan kita tambah lagi,” pungkasnya.(clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: