BBPJN Segera Pasang Lengkung Jembatan Hamadi-Holtekam

0
Jembatan Hamadi-Holtekam. (ist)
SERUJAYAPURA.COM, Jayapura – Pihak pelaksana pembangunan jembatan Hamadi-Holtekam segera melakukan pemasangan rangka utuh lengkung jembatan karena sebagian materialnya sudah tiba di Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Kamis (21/12) pagi.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Papua, Oesman Marbun menyebutkan pengangkatan rangka utuh lengkung jembatan Hamadi-Holtekam dari kapal tongkang direncanakan pada 15 Januari 2018.

“Proses selanjutnya yakni pemasangan rangka utuh lengkung jembatan ini,” kata Oesman usai menyaksikan tibanya kerangka utuh lengkung jembatan Hamadi-Holtekamp yang dikirim dari Surabaya, Jawa Timur, dan tiba di Kota Jayapura.

Menurut dia, pengangkatan rangka utuh lengkung jembatan itu akan segera dikoordinasikan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano. “Koordinasi dilakukan karena proyek jembatan Hamadi-Holtekam ini kita kerjakan secara bersama-sama,” ujarnya.

Osman mengaku langsung melaporkan kepada Gubernur Papua begitu rangka utuh lengkung jembatan bagian pertama itu tiba di Jayapura. Rangka utuh lengkung jembatan pertama itu akan dipasang lebih dahulu, atau tidak menunggu rangka lengkung jembatan yang kedua.

“Sudah direncanakan perencanaan pengangkatannya satu-satu tidak menunggu, karena sudah diposisikan semua tinggal dilaksanakan masing-masing,” ujarnya.

Hanya saja, masih menunggu ahlinya, yakni beberapa profesor dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarja, Universitas Indonesia (UI) Jakarta dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Pulau Jawa.

“Ada juga komisi keselamatan jembatan, mereka nanti mengecek posisi-posisi rangkaian yang akan terpasang dengan rangka yang nanti kita akan pasang nanti,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga masih menunggu peralatan untuk mengangkat rangka lengkung jembatan tersebut. “Diperkirakan alat untuk mengangkat rangka lengkung jembatan itu akan tiba di Jayapura pada 6 Januari 2016,” ujarnya.

Dia menambahkan, pengangkatan rangka lengkung jembatan ini akan disaksikan oleh Gubernur Papua dan Wali Kota Jayapura. (ara/ant)


Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/admin/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1924
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: