BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Disertai Petir

0
Ilustrasi hujan disertai petir. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah provinsi itu.

Kepala BMKG Stasiun Kalas 1 Sultan Thaha Jambi, Nurangesti di Jambi, Selasa (7/11), mengatakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang, sore, malam dan dini hari.

“Dari kondisi tersebut perlu diwaspadai potensi banjir terutama di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari. Kemudian potensi tanah longsor dan pohon tumbang di wilayah-wilayah tersebut,” katanya.

Dia menjelaskan, potensi hujan sedang hingga lebat di Provinsi Jambi itu diperkirakan terjadi hingga 8 November 2017.

Pemicunya yakni terdapat tekanan rendah (low 1005 hPa) di Teluk Thailand, Sirkulasi Silonik (level 925/850) di Samudera Pasifik Utara Papua dan Sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu dengan level 935/700.

Kemudian konvergensi terbentuk di wilayah Kalimantan Bagian Utara, di Perairan Barat Sumatera, Perairan Utara Papua Barat dan Selat Karimata memanjang hingga Laut Cina Selatan.

Sedangkan daerah belokan dan perlambatan kecepatan angin terdapat di wilayah Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

“Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya termasuk wilayah Jambi,” katanya menjelaskan. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: