Budidaya Hidroponik ala Genbi Jambi

0
Hidroponik yang dibudidayakan oleh Generasi Baru Indonesia Jambi. Foto: Cintya

JAMBI – Generasi Baru Indonesia (Genbi) adalah komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia. Komunitas ini diikuti oleh penerima beasiswa dari Universitas Islam Negeri Jambi dan Universitas Jambi. Mahasiswa-mahasiswa kreatif ini selalu membuat kegiatan yang bermanfaat, salah satu kegiatan yang saat ini lagi digeluti adalah budidaya tanaman Hidroponik.

Hidroponik adalah metode tanaman yang menggunakan air sehingga menanam tanpa menggunakan tanah, hanya menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi. Secara tidak langsung, metode ini dapat mempermudah dalam mengendalikan hama dan pencahayaan.

Selain itu, hidroponik merupakan metode yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun. Metode ini juga tidak memerlukan penyiraman pada tumbuhan. Jadi sayuran yang dihasilkan lebih aman serta sehat.

Komunitas Genbi sendiri mebudidayakan tanamam Hidroponik di Penyengat Rendah Kota Jambi. Lamanya budidaya hidroponik ini sekitar satu bulan. Bahan yang dimanfaatkan pipa paralon, gelas plastik bekas, sekam arang, dan pastinya bibit sayuran yang ingin ditanam.

Syafi’i, selaku pembina hidroponik Genbi menjelaskan, saat ini merupakan panen perdana, penjualan hasil masih door to door. Maka itu, panen masih sesuai pesanan.

“Saya berharap dari kegiatan Kewirausahaan Genbi ini dpaat menambah minat generasi muda untuk berwirausaha. Selain itu agar generasi muda dapat memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang lebih positif,” beber Vivi Susanti, penerima beasiswa Genbi dari UIN.(yj03)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: