Danrem: Satgas Terus Evaluasi Pencegahan Karhutla

0
Komandan Korem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo. Foto: Istimewa
SERUPALEMBANG.COM, Palembang – Komandan Korem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo mengatakan, pihaknya terus mengevaluasi tugas pencegahan akan kebakaran hutan dan lahan supaya kabut asap tidak timbul.

Pihaknya rutin melaksanakan rapat koordinasi untuk mengevaluasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan supaya lebih maksimal, kata Danrem yang juga Komandan Satgas darat kebakaran hutan dan lahan Sumsel di Palembang, Jumat (29/9).

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya terus mempelajari akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan agar tidak terulang kembali.

Itu penting karena daerah ini rawan akan kebakaran hutan dan lahan karena Sumsel banyak terdapat lahan gambut dan bila musim kemarau sangat mudah terbakar, kata dia.

Selain itu pihaknya akan mempelajari setiap permasalahan dengan bagaimana memahami karakter dan modus terjadinya kebakaran hutan dan lahan, ujar dia.

Jadi dari hasil rapat koordinasi ini diharapkan akan ada solusi yang nantinya sama-sama bisa dipraktikkan untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan, ujar dia.

Menurut dia, pihaknya juga akan menata bidang – bidang tertentu seperti pertanian, perkebunan untuk mencari solusi penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan, kegiatan rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini sebagai tindak lanjut rapat sebelumnya serta sebagai sarana evaluasi pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan pihaknya rutin melaksanakan patroli baik darat maupun udara.

Bahkan, patroli udara dengan menggunakan helikopter bom air untuk mengantisipasi supaya kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi, tambah dia. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...