Dermaga Apung Sungai Martapura Terwujud Tahun

0
Kawasan Siring Tendean ini akan dibangun dermaga terapung sepanjang 200 meter yang akan digunakan tempat singgah kelotok juga bisa dijadikan tempat pedagang pasar terapung. Foto: Istimewa
SERUBANJARMASIN.COM, Banjarmasin – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Alhaq menyatakan, rencana pemerintah kota membangun dermaga apung di Sungai Martapura di depan siring sungai di Jalan Piare Tendean akan bisa terwujud tahun ini.

“Sebab lelang proyek dermaga apung itu dinyatakan sudah ada pemenang tandernya, tinggal menunggu proses masa jeda saja lagi di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk mulai pengerjaannya,” ujar di gedung dewan kota, Selasa (12/9).

Dari informasi yang didapatkannya, kontraktor yang memenangkan tander proyek pembangunan dermaga apung yang akan dibangun di depan menara siring sungai Piare Tendean itu dari kontraktor Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Ini informasi yang menggembirakan tentunya, sebab tiga kali di lelang proyek ini baru kali ini ada kontraktor yang memenuhi syarat untuk membangunnya,” tuturnya.

Ikhsan menyatakan, pembangunan dermaga apung sekitar 200 meter ini akan sesuai target penyelesainnya tahun ini, dengan anggaran sekitar Rp3,5 miliar.

“Dermaga apung ini penting diwujudkan untuk meningkatkan kepariwisataan daerah, selain itu bagi sarana trasportasi sungai,” paparnya.

Menurut Ikhsan, dermaga apung ini selain akan digunakan tempat singgah kelotok (kapal kecil di sungai) juga bisa dijadikan tempat pedagang pasar terapung.

Sebab, ucap dia, pedagang pasar terapung yang setiap pagi Sabtu dan Minggu berada di sungai Martapura depan siring sungai itu memerlukan tempat tanbat yang baik untuk melayani pembeli yang merupakan wisatawan.

“Karena keberadaan pasar terapung itu yang menjadi daya tarik terbesar wisatawan datang ke objek siring sungai kita ini,” paparnya.

Dengan diadakannya pasar terapung di siring setiap akhir pekan, kedatangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara cukup meningkat signifikan, bahkan lebih 6.000 orang setiap akhir pekannya berkunjung ke sana.

Karena pula, kata dia, para wisatawan bisa menikmati wisata susur sungai Martapura, sebab banyak jasa transportasi sungai tersedia.

Para wisatawan, beber Ikhsan, lewat susur sungai ini bisa mengunjungi objek-objek wisata lainnya, baik wisata religi diantaranya ke makam dan Masjid Sultan Suriansyah di Kuin.

“Adapula rumah makan khas Banjar di tepian sungai Martapura dapat disinggahi saat wisata susur sungai itu,” ujarnya.

Karena, papar dia, ada sebanyak 35 distinasi wisata di Banjarmasin yang diandalkan, hampir semuanya bisa diakses lewat sungai. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: