Dishub Lampung Lakukan KIR Taksi Daring

0
Ilustrasi uji kir. (ist)
SERULAMPUNG.COM, Bandarlampung – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandarlampung akan melakukan uji kelayakan kendaraan (kir) terhadap taksi bebasis dalam jaringan agar tidak dianggap angkutan gelap atau bodong.

“Kami akan melakukan sosialisasi atas instruksi Kementerian Peruhubungan terkait kir bagi taksi daring, tapi sampai dengan saat ini belum ada yang melakukan uji kelayakan itu,” kata Kepala Unit Pengelola (UP) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Bandarlampung Lis Dwi Cahyono, di Bandarlampung, Selasa (7/11).

Dia mengatakan, Dishub setempat sejak Senin (6/11) kemarin sudah membuka diri bagi taksi daring yang ingin melakukan uji kelayakan.

Menurutnya, kir ini dilakukan sebagai salah satu cara bagi Dishub untuk melakukan pendataan guna menghindari kejahatan kriminal dari angkutan gelap atau bodong.

“Jika taksi ini sudah melakukan kir, kami langsung bisa melakukan pendataan demi keselamatan penumpang apakah layak atau tidak angkutan tersebut,” kata dia pula.

Menurutnya, layak atau tidak angkutan tersebut bisa dilihat dari uji kir, dan harus disertai dengan legalitas serta izin usaha yang jelas jika tidak ingin dikatakan angkutan gelap atau bodong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandarlampung Badri Tamam mengatakan, Dishub setempat diminta segera menertibkan transportasi taksi daring, salah satunya dengan melakukan uji kir.

“Dishub harus sesegera mungkin melakukan uji kelayakan tersebut, serta mengkaji aturan untuk diterapkan pada kendaraan online,” katanya pula.

Ia menegaskan, uji kelayakan tersebut dilakukan untuk menertibkan kendaraan dan mengutamakan keselamatan penumpang.

“Jika kendaraan umum berbasis daring akan dilegalkan dengan adanya uji kir, kami berharap pengemudinya bisa akur dengan yang konvensional,” kata dia.

Badri menjelaskan, Pemkot Bandarlampung akan melanjutkan kebijakan pusat yakni penempelan stiker kir kepada kendaraan transportasi berbasis daring, tapi masih menunggu kebijakan tersebut. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...