Dishub: Pelajar Pelopor Dukung Keselamatan Lalu Lintas

0
Ilustrasi Kampanye Keselamatan Berlalulintas. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi РKepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan pemilihan pelajar pelopor sebagai wujud perhatian pemerintah akan pentingnya keselamatan mengingat tidak sedikit kecelakaan lalu lintas di jalan melibatkan para pelajar.

“Program ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam ikut berperan serta aktif dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di jalan dan meningkatkan keselamatan jalan,” katanya dalam pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat Provinsi Jambi di Jambi, Selasa (5/9).

Varial mengatakan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tingkat Provinsi Jambi merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemprov Jambi dalam hal ini Dinas Perhubungan.

“Salah satu tujuan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan ini adalah meningkatkan keselamatan jalan yang sejalan dengan program pemerintah, dalam rangka program dekade aksi keselamatan jalan periode 2011-2021 yang dicanangkan pemerintah pada Juni 2011,” katanya menjelaskan.

Varial juga mengatakan, masalah transportasi mencakup banyak faktor di antaranya faktor manusia, kendaraan, kondisi jalan dan infrastruktur. Namun faktor manusia dianggap paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan.

“Oleh karena itu, pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai yaitu tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, namun juga diharapkan memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kendaraan di jalan,” ujarnya.

Sementara terkait dengan pengembangan sikap dan perilaku yang baik dalam berkendara dalam rangka meningkatkan keselamatan jalan, menurutnya perlu usaha yang sungguh-sungguh baik dari individu maupun di luar individu.

“Salah satu upaya pemerintah saat ini yaitu dengan menyelenggarakan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas, yang bertujuan memberikan motivasi dan penghargaan kepada para pelajar atas prestasinya di bidang lalu lintas dan angkutan jalan,” katanya.

Dalam pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas tingkat Provinsi Jambi itu, bertindak sebagai juri berasal dari Direktur Lalu Lintas Polda Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, PT Jasa Raharja Jambi dan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Peserta pada pemilihan pelajar pelopor peduli keselamatan lalu lintas tahun 2017 berjumlah 23 orang yang berasal dari beberapa kabupaten/kota yaitu dari Kota Jambi, Muarabungo, Sungaipenuh, Merangin dan Kerinci.

Para peserta ini akan bertanding selama dua hari dengan kriteria penilaian yaitu leadership, public speaking, etika peraturan, substansi karya tulis dan bahan presentasi serta perilaku sehari-hari. Setelah bertanding para peserta akan mewakili Provinsi Jambi ke tingkat nasional. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...