Disperindag Tingkatkan Kualitas IKM Gula Aren di Bolmong

0
Ilustrasi IKM Gula Aren
SERUMANADO.COM, Manado – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) meningkatkan kualitas industri kecil menengah (IKM) khusus produk gula arem di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“IKM gula aren di Sulut cukup banyak, sehingga yang harus diperhatikan yakni kualitas produk,” kata Kepala Bidang Fasilitasi dan Pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh di Manado, Jumat (27/10).

Alwy mengatakan pemerintah ingin, IKM gula aren di Kabupaten Bolmong harus berdaya saing, sehingga pasar akan semakin terbuka.

“Sehingga, inovasi dan kreativitas harus terus ditingkatkan,” kata Alwy.

Ia mengatakan sehingga pemerintah fasilitasi bimbingan teknis, kemasan, peralatan agar produk IKM gula aren akan semakin baik.

“Ke depan, kami berharap akan ada lagi IKM di Sulut yang mendapatkan bantuan langsung dari kementerian,” ujar Alwy.

Tahun depan, lanjut dia, Disperindag akan mengembangkan rumah kemasan, sehingga IKM yang ingin mengemas produknya, dan tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta.

Saat ini, menurut dia, pembiayaan untuk itu sudah dimasukkan dalam anggaran daerah. Ia menargetkan awal tahun depan akan merenovasi gedung untuk menempaykan sebagian alat kemasan yang sudah ada. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...