Dispora Sumut Apresiasi Prestasi Atletnya di Paragames

0
Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2017. Foto: Istimewa
SERUMEDAN.COM, Medan – Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara memnyampaikan apresiasi atas capaian atlet daerah itu di ajang ASEAN Para Games (APG) 2017 Malaysia dengan sumbangan 27 medali untuk kontingen Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Baharuddin Siagian di Medan, Minggu (24/9), mengatakan, pihaknya terharu sekaligus bangga karena atlet Sumut kembali menyumbangkan medali bagi Indonesia di event internasional.

Indonesia memastikan diri tampil sebagai juara umum APG 2017, setelah mengumpulkan total 126 emas, 75 perak, 50 perunggu dan sebanyak 27 medali disumbangkan atlet asal Sumut yakni 6 emas, 8 perak, 3 perunggu.

Baharuddin pun berharap capaian itu menjadi motivasi untuk meraih prestasi lebih baik di kejuaraan yang lebih tinggi.

Pemerintah Provinsi pun berjanji akan memberikan penghargaan kepada atlet yang telah meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Tentunya pemerintah provinsi Sumut mengucapkan terima kasih atas perjuangan mereka mendulang 16 emas bagi Indonesia. Ini tentu menandakan bahwa NPC Sumut terus konsisten menyumbangkan medali bagi Indonesia di event-event internasional,” katanya.

Tidak hanya meraih emas, sejumlah rekor pun telah berhasil mereka pecahkan, khususnya di nomor atletik.

Seperti Alan Sastra sukses memecahkan rekor ASEAN di dua nomor yakni nomor tolak peluru F57 putra dengan 11,04 meter, serta lempar cakram 41,95 meter.

Begitu juga Putri Aulia yang secara fantastis memecahkan rekor di tiga nomor sekaligus (100,200,400) meter T13 yang sebelumnya dipegang atlet Indonesia lainnya Ni Made Arianti Putri.

Dengan prestasi itulah, atlet kelahiran Deliserdang, 23 Juli 1994 ini pun pantas dinobatkan sebagai ratu sprint T13 tingkat Asia Tenggara.

Sementara Ketua National Paralympic Commite (NPC) Alan Sastra mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas perjuangan paralimpian Sumut yang terus konsisten sumbangkan medali bagi merah putih di multi event terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas torehan medali yang diraih atlet Sumut bagi Indonesia,” katanya.

Secara umum Alan mengaku bangga sekaligus apresiasi kepada seluruh paralimpian karena tidak sekadar membawa nama harum Indonesia, namun juga NPC Sumut.

“Acungan jempol saya berikan kepada seluruh atlet Sumut yang telah berjuang persembahkan medali di Asean Para Games tahun ini. Termasuk kepada atlet muda kita yang baru perdana tampil di ajang ini sudah menunjukkan prestasi terbaik. Seperti Putri Aulia dapat tiga emas di atletik, kemudian Aisyah dapat perunggu di catur,” katanya. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...