Distan Siapkan Kebun Pembenihan Khusus Jeruk Siam

0
Jeruk siam Sambas. (ant)
SERUPONTIANAK.COM, Pontianak – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, mengupayakan hadirnya kebun pembenihan secara khusus untuk jeruk siam Sambas.

“Untuk merealisasikan kebun pembenihan khusus jeruk siam Pemkab Sambas telah membeli lahan di Desa Jagur Kecamatan Sambas,” ujar Kepala Distan Kabupaten Sambas, Musanif saat dihubungi di Sambas, Minggu (26/11).

Musanif menjelaskan perlunya pembangunan kebun perbenihan karena di Kabupaten Sambas dalam pemenuhan mata tempel masih mendatangkan dari luar.

“Saat ini kita masih mengambil mata tempel jeruk siam dari Jawa Timur, walaupun tidak semuanya didatangkan dari luar. Namun hal tersebut, turut mempengaruhi,” papar dia.

Ia menambahkan bahwa dengan masih mengambil dari luar tentu membuat rentang kendali terlalu lama dan pengawasannya yang sulit.

“Yang jelas juga diperlukan biaya yang besar. Oleh arena itu kita berencana akan membangun kebun perbenihan khususnya jeruk di Sambas,” kata dia.

Menurutnya untuk luasan kebun tersebut sekitar 4,5 hektare.

“Kembali lahan sudah dibeli, cuma realisasi fisiknya sedang kita usulkan kepada pemerintah pusat. Sebab, untuk membangun kebun perbenihan memerlukan biaya yang cukup besar,” kata dia.

Ia berharap pada tahun depan untuk hal tersebut bisa diakomodir melalui usulan yang ada.

“Mudah-mudahan usulan kita itu bisa diakomodir oleh pemerintah pusat. Sehingga bisa kita bangun kebun perbenihan, kalau itu kita punya paling tidak mengurangi sedikit kendala di bidang penyediaan mata tempal,” harapnya. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...