Divonis 6 Tahun, Rosmansyah Banding

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Mantan Sekertaris Dewan (Sekwan) Kota Jambi, ROsmansyah mengajukan banding, atas vonis 6 tahun kurungan penjara, yang dijatuhkan hakim kepada dirinya, atas kasus korupsi dana Bimbingan Teknis (Bimtek ) DPRD Kota Jambi Periode 2009 – 2014.
Selain divonis kurungan penjara, Rosmansyah juga dikenakan denda sebesar Rp 50 juta. Tidak hanya sampai disitu, Hakim Lucas Sabahat Duha, juga menjatuhkan uang pengganti sebesar Rp 1,8 miliar.
Pada persidangan sebelumnya Rosmansyah, telah mengembalikan uang kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Untuk dikembalikan kenegara sebsar Rp 3,92 miliar, sehingga dirinya mengembalikan sisanya sebesar Rp 1,408 miliar lagi.
Kuasa Hukum Rosmansyah, Nikman Malau mengatakan, kliennya telah bulat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT, katanya proses pengajuan banding tersebut nantinya akan dilakukan Senin (6/11/2017) mendatang.
“Hari senin kita sudah pasti ajukan banding untuk Rosmansyah,” ujar Nikman, kepada Seru Jambi, Kamis (2/11/2017).
Sedangkan untuk terdakwa lainnya, Jumisar. Nikman menjelaskan, hingga saat ini belum menentukan sikap dengan putusan 18 bulan kurungan penjara.
“Hal ini karena Majelis memberikan waktu tujuh hari sesuai tanggapan kita untuk pikir-pikir, dan kita sudah mantap,” paparnya.
Menurut Nikman, vonis yang dijatuhkan kepada Rosmansyah terlampau berat, serta saat dianigung terkait dengan kerugiannya yang besar tersebut.“Kalau kerugian negara kan tergantung Majelis yang melihatnya” pungkasnya.
Untuk diketahui pada putusan dana bimtek tersbut dipaparkan adanya  kerjasama antara Rosmansyah, Jumisar dan Nurikhwan dalam melakukan laporan fiktif itu. Hal itu berdasar catatan pribadi Nurikhwan yang dimana tertulis ketua DPRD Kota Jambi Periode 2009-2014 Zainal Abidin, menerima bagian dengan total Rp600 Juta yang terbagi pada dua tahun yakni 2012 dan 2013. Dimana Rosmansyah mendapatak Rp 800 juta serta Jumisar Sebsar Rp128 juta di saja 2014.(eks/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: