Dr Maulana Ingin LAM Jadi Mitra Pemerintah

0
Dr Maulana Ingin LAM Jadi Mitra Pemerintah
SERUJAMBI.COM, Jambi – Cita-cita kandidat kuat Calon Walikota Jambi Dr Maulana terhadap Kota Jambi memang tak perlu diragukan lagi. Kandidat yang mengusung visi Kota Jambi Sejahtera tersebut bahkan kedepan menginginkan kalau Lembaga Adat Melayu menjadi mitra strategis Pemkot.
Jebolan Pondok Pesantren NU, Ciwaringin, Cirebon itu, menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Lembaga Adat Melayu (LAM) Tanah Pilih Pusako Betuah sebagai mitra pemerintah Kota Jambi dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM).
Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Jambi itu, menyampaikan keprihatinannya terhadap generasi muda yang mengalami dekradasi moral. Terlibat dengan narkoba, judi, seks bebas dan lain sebagainya.
“Ada nilai-nilai dalam adat melayu yang bisa dijadikan pegangan agar generasi kita tidak terjerumus budaya dan kearifan lokal. Karena nilai dan pengajaran yang terdapat di dalam adat juga bersumber dari Al-Quran dan hadits. Adat bersendi syara’ dan syara’ bersendi Kitabullah,” ungkapnya.
Menurut Dr Maulana, memberikan pemahaman nilai-nilai adat Melayu, secara berkala dan sistematis serta difasilitasi oleh pemerintah dengan maksimal, akan bisa mengasah kepekaan rohani remaja. Selain itu, juga dapat menjadi upaya untuk melestarikan adat budaya di kota Jambi.
Salah satu tokoh masyarakat di kawasan Nusa Indah, Abdul Manap ketika diminta komentar mengenai rencana pemberdayaan lembaga adat secara lebih maksimal lagi, menuturkan kesetujuannya.
“Menurut saya rencana pak Maulana itu bagus. Lembaga adat itu harus mendapat perhatian lebih lagi. Agar adat semakin berkembang dan tidak ditinggalkan masyarakat,” ujarnya.(hry/usa)
Loading Facebook Comments ...
loading...