Duet Fasha-Sum Indra, Ini Analisis Pengamat….

0
Pengamat Politik dari Idea Institute Indonesia

 

SERUJAMBI.COM, Jambi – Jelang Pilwako 2018, nama Sum Indra, mantan Wakil Walikota Jambi semakin ramai diperbincangkan. Kemunculan tokoh yang berasal dari trah keluarga Nurdin Hamzah ini, seiring dengan meredupnya nama Zumi Laza.

Sejumlah pengamat menilai, Sum Indra memang punya peluang untuk menang. Tapi, jika berhadapan dengan Fasha, masih jauh kalah.

Pengamat Politik Jafar Ahmad mengatakan, sebaiknya Sum Indra bersikap realistis. Kalaupun maju maju nomor satu, peluangnya tetap ada. Tapi akan sangat sulit bisa menandingi Fasha.

“Lebih realistis jika Sum berpasangan dengan Fasha,”katanya.

Itupun jika Laza memang tak maju. Jika Laza memutuskan maju, maka Suara Sum akan tergerus ke Laza. “Kalau Sum bergabung ke Fasha, tentu akan membantu suara,”katanya.

Peniliti IndoBarometer, Hadi Suprato Rusli mengatakan, banyak point-point yang membuat Fasha akan jauh lebih unggul dari kandidat lain, termasuk Sum Indra jika memutuskan maju.

“Pertama, dari tingkat kepuasan masyarakat atas kepemimpinan Fasha, itu mencapai angka 86 persen. Itu sangat tinggi sekali,” ujar Hadi saat dibincangi SERUJAMBI, Rabu (12/7).

Setelah itu sambungnya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh IndoBarometer, selain tingkat kepuasan, angka masyarakat ingin Fasha kembali memimpin Kota Jambi juga cukup tinggi.

“Masyarakat yang menginginkan Fasha untuk maju kembali di Pilwako kali ini, mencapai angka 67 persen,” sebutnya.

Selain hasil survei, menurut Hadi. Track record Sum Indra pada Pilwako 5 tahun lalu juga akan berpengaruh pada Pilwako saat ini.

“Kekalahan Sum Indra 5 tahun yang lalu, akan berdampak juga pada Pilwako 2018 mendatang. Dan itu bisa dipastikan,” jelasnya

Dilapangan mulai santer beredar jika Sum Indera bakal maju di Pilwako Jambi 2018 dengan memilih menjadi pendamping untuk sang petahana SY Fasha.

Sepekan ini, Sum Indera menyempatkan diri sowan ke tokoh penting di jambi. Seperti mantan Gubernur HBA dan Bupati Sarolangun Cek Endra. Kabarnya, kunjungan Sum Indra kepada dua tokoh itu dalam rangka meminta restu dan dukungan untuk maju pilwako.

“Saya bertamu kerumah HBA karena beliau orang tua kita. Apalagi sudah lama saya tak ketemu. Kalau dengan om Hazrin, tiap hari saya ngobrol dan bertemu meminta masukan,”ujar Sum Indera diplomatis.
Ia mengaku sudah bertemu cek endra. “Sudah banyak tokoh dan tim datang. Minta saya maju lagi,”singkatnya. Sum enggan berkomentar terkait mundurnya laza dari pentas Pilwako Jambi.(isa/uin)

 

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: