Gubernur Terima Penghargaan Pembinaan HAM

0
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Foto: Istimewa
SERUPADANG.COM, Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno menerima penghargaan dari pemerintah pusat atas prestasinya sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM) 2017.

Penghargaan yang diterima langsung dari Presiden Joko Widodo di Kota Solo .

Irwan di Padang, Minggu (10/12), menyebutkan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama, tidak saja gubernur tetapi juga bupati dan wali kota di provinsi itu.

“Hak Azazi Manusia (HAM) adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, karena itu saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras bupati dan wali kota yang telah memberikan itu pada warganya,” kata dia.

Ia juga mengapresiasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar yang dinilai sangat bisa berkoordinasi dengan pemerintah terutama dalam menjamin kebutuhan dasar manusia.

Kebutuhan dasar itu diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, perumahan dan lingkungan hidup.

“Pemerintah daerah wajib memenuhi hak asasi rakyatnya,” kata dia.

Ia juga mengingatkan bupati pada lima kabupaten di provinsi itu yang belum memenuhi syarat agar segera untuk penuhi pelayanan dasar tersebut karena itu adalah salah satu tugas pemimpin terpilih.

Pemberian penghargaan Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM) 2017 untuk gubernur di Solo itu bertepatan dengan peringatan Hari Hak Azazi Dunia ke-69.

Disamping gubernur, sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Sumbar juga menerima penghargaan sebagai Kabupaten dan Kota Peduli HAM masing-masing Kabupaten Sijunjung, Tanah Datar, Pasaman, Kota Padang, Sawahlunto, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh dan Pariaman.

Sementara empat kabupaten lagi menerima predikat Cukup Peduli HAM diantaranya Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Agam dan Limapuluh Kota.

Kriteria penilaian menurut Permenkumham No34 tahun 2016 adalah dengan terpenuhinya enam kategori, yaitu hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: