Heboh! Pimpinan Liverpool Kunjungi Risma di Surabaya

0
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Istimewa
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Istimewa
SERUBAYA.COM – Pimpinan Kota Liverpool, tepatnya Wakil Walikota Liverpool, Gary Millar, dijadwalkan bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Balai Kota pada Senin, 27 November 2017.
“Pertemuan ini untuk menindaklanjuti kerja sama ‘Sister City’ antara Surabaya dan Liverpool,” ujar Wakil Wali Kota Gary Millar melalui siaran pers yang diterima kantor berita Indonesia, Antara, Minggu (26/11/2017) malam.
Selain itu, pertemuan keduanya juga untuk mendorong pelaku bisnis Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan International “Business Festival” yang akan diselenggarakan di Liverpool, Inggris, tahun depan.
Dalam kunjungan ini, Gary Millar juga dijadwalkan akan mengunjungi “Surabaya Creative Centre” untuk mempelajari lebih jauh tentang “e-Commerce” serta menawarkan kerja sama peningkatan pelatihan di sekolah-sekolah sepak bola di Surabaya.
Ia mengaku senang berkunjung ke Surabaya untuk pertama kalinya sekaligus mempelajari lebih banyak sektor-sektor kerja sama dengan Pemerintah Daerah karena Surabaya dan Liverpool memiliki karakteristik sama.
“Surabaya dan Liverpool adalah ‘second cities’, yaitu kedua kota ini sangat tergantung pada pelabuhan dan sektor maritim. Saya berharap dapat mendiskusikan kemitraan Surabaya-Liverpool agar bisa saling mendukung program-program pembangunan,” ucapnya.
Sementara itu, “Letter of Intent” (LoI) tentang “Sister City” ditandatangani kedua belah pihak pada 17 Mei 2017 di Liverpool dengan menghasilkan lima kesepakatan, yaitu kerja sama di bidang pelabuhan dan manajemen maritim, ekonomi, SDM dan pembangunan kapasitas, “smart cities” dan industri kreatif.
Sedangkan, pada Juni 2018 di Liverpool akan berlangsung “International Business Festival” yaitu salah satu pameran perdagangan dan investasi terbesar di dunia.
Pameran ini bertujuan memberikan kesempatan dan dukungan bagi pelaku bisnis di seluruh dunia untuk mengembangkan peluang usaha dan menjelajah pasar-pasar internasional yang baru.
Festival ini juga berfokus pada industri-industri dengan pertumbuhan yang pesat seperti energi berkelanjutan, logistik global, perkapalan dan manufaktur.(esa/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...