Ibu-ibu Kampung Jenggelo Dilatih Membuat Kerupuk

0
Ilustrasi ibu-ibu kampung yang tengah membuat kerupuk baso. (ist)
SERUJAYAPURA.COM, Timika – Sebanyak 20 orang ibu-ibu kampung Jenggelo, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mengikuti pelatihan pembuatan kerupuk yang merupakan program pemberdayaan kampung menggunakan dana desa tahun anggaran 2017 di Timika, Kamis (2/11).

Ibu-ibu yang berasal dari Distrik Alama, wilayah pegunungan Mimika tersebut, dilatih untuk dapat membuat makanan siap saji dengan memanfaatkan bahan pangan lokal seperti pisang dan singkong.

Kepala Kampung Jenggelo, Londia Nirigi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar ibu-ibu dapat memanfaatkan pangan lokal yang ada seperti pisang dan singkong atau jenis umbi-umbian lain yang sebelumnya hanya diolah dengan cara merebus atau membakar kini dapat diolah dengan cara lain.

Selain itu, dengan membuat kerupuk diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis pangan lokal yang bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

Kepala Distrik Alama Yulius Koga mengapresiasi pelatihan yang digelar salah satu kepala kampungnya.

Menurut dia, kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan yang pertama kali dilaksanakan dari sebanyak 13 kampung di distrik Alama.

Ia berharap agar kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan oleh kampung-kampung lain menggunakan alokasi dana desa, dana stimulan dan dana desa sesuai dengan pembagian kuota yang telah ditetapkan.

Namun, ia mengakui adanya kendala yang dihadapi kebanyakan kampung yang berada di wilayah pegunungan untuk menyerap anggaran yang masuk adalah akses transportasi darat yang belum terhubung dari pusat kabupaten ke kampung.

Selain itu, warga di wilayah pegunungan selama ini selalu mengandalkan moda transportasi udara yang membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Misalnya, untuk menyewa helikopter guna mendistribusikan bahan bangunan minimal harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp30 juta hingga Rp35 juta. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...