Iko Penantunate, Jawara Catur Klasik Pionir

0
Iko Penantunate

SERUJAMBI.COM, Jambi – Satu lagi anak muda berprestasi asal Jambi. Iko Penantunate (20), namanya. Dara keturunan aceh ini merupakan jawara lomba catur klasik, kilat dan cepat di ajang Pionir (Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset) belum lama ini.

Iko merupakan anak ke tiga dari tiga bersaudara. Lahir di londerang, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, 28 Oktober 1997. Ayahnya, Kamaluddin (alm), seorang guru dan ibunya Betty Mulyati, ibu rumah tangga. Dari ayahnya, Iko menapak karier sebagai atlet catur.

Iko tinggal bersama ibunya di Jalan Al-mustazam kenali asam bawah, RT 19. Ia alumni SMA 6 Batanghari yang hobbynya bermain catur. Iko mulai hobby main catur sejak umur delapan tahun, dari kelas 3 Sekolah Dasar.

“Saya sudah pernah ikut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Bungo dan mendapat medali perunggu. Kalo standing seperti O2SN juara 1 tingkat Provinsi dan 10 besar tingkat Nasional,”ujarnya.

Prestasinya di Porprov Kota Jambi cukup banyak. Ia pernah dapat emas, Porprov di Sarolangun dapat emas juga, sedangkan Porprov di Batanghari memperoleh 2 emas dan 1 perunggu. Kejuaraan Nasional juga sering ikut, namun belum beruntung. Karena mainnya umum dan iko main di tingkat senior. Cuma 4.5 point yang bisa dibawa pulang.

“Sedangkan di ajang Pionir Aceh beberapa waktu lalu, saya bisa bawa pulang 1 emas dan 2 perak,”singkatnya.

Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang sekarang smster 3 ini Pernah lulus seleksi PON XIX (Pekan Olahraga Nasional) di Jawa Barat tahun 2016. Pada tanggal 16-22 Juli 2017 saya juga mengikuti Kejuaraan Nasional catur di Cipayung, Bogor.

“Kesannya sangat bangga, bisa mengenal lebih banyak teman-teman dari berbagai penjuru. Dan harapan saya, catur dapat berkembang dan diperhatikan lagi agar dapat bersaing dengan provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia ini. Khususnya untuk mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, semoga ada pembinaan catur di UIN, sehingga catur bisa lebih maju lagi”, katanya.

“Saya termasuk atlit Batanghari, dan untuk para atlit catur generasi penerus di provinsi Jambi, semoga lebih maju lagi kedepannya,” imbuhnya.(yj03/mui)

Loading Facebook Comments ...
loading...