Jam Berapa, Ya?

0
Dr Personality Power
SERUJAMBI.COM – Jam itu penanda waktu bagi siapapun yang masih menjalankan rutinitas dalam kehidupan, dan jadi patokan atau acuan untuk mengetahui sudah berapa lama melakukan aktivitas atau melakukan kegiatan. Tidak peduli siapapun Anda, bergerak atau tidak bergerak waktu akan terus berjalan. Mau berubah atau tidak berubah, mau berhasil atau tidak berhasil jam akan menggilas dan berjalan sesuai dengan waktunya.
Waktu tidak bisa kita beli
Waktu tidak bisa diputar ulangmotivasi
Waktu tidak dapat kompromi terus berjalan
Waktu tidak dapat kita suap
Waktu sudah memiliki jumlah
Kadang ada yang sudah menentukan waktunya maka akan tahu kapan selesainya, kapan dimulainya karena sudah menentukan dari awal permulaan. Tapi ada juga yang tidak tahu kapan mulainya?
Kapan berakhirnya?
Hanya mengikuti keadaan dan dikalahkan oleh keadaan karena tidak memiliki manajemen waktu, hanya mengalir apa adanya tanpa peduli dengan sekitarnya. Yang manakah diri Anda? Apa sudah menentukan waktu atau belum menentukan waktu?
Anda-lah yang bisa menjawabnya karena semua dalam hidup itu pilihan, semua dalam hidup itu penentuan, Anda-lah penentunya bukan orang lain.
Suatu saat tanpa menggunakan jam kita bingung, tidak tahu jam berapa, lalu kita bertanya dengan orang di samping jam berapa ya sekarang? Artinya Anda sangat memerlukan waktu supaya tahu untuk mengatur diri Anda. Tapi sekarang hampir setiap orang menempel jam tangan di dirinya masing-masing.
Artinya, sebegitu pentingnya waktu buat Anda agar bisa mengaturnya dengan baik dalam rutinitas kehidupan Anda. Yang menjadi pertanyaan adalah kadang jam tangan hanya sebagai simbol untuk tahu jam berapa sekarang?
Lalu acuh tak acuh mengabaikannya, waktu berjalan begitu saja, ada juga yang begitu tahu jam berapa dia harus berlari atau bergegas dengan cepat untuk bergerak memburu waktu yang sudah ditentukan sebelumnya untuk suatu kegiatan terjadwal. Ada juga yang jauh sebelumnya harus hadir dalam pertemuan supaya ON TIME untuk bisa menentukan jadwal pertemuan.
Begitu berharganya waktu bagi kita bagi yang bisa menghargainya, bagi yang belum bisa menghargainya belajarlah mulai saat ini untuk menghargai waktu kalau mau berubah dalam hidup ini.
Ada yang mengatakan:
Waktu adalah UANG
Waktu itu sangat Berharga
Waktu itu Perubahan
Waktu adalah Bagian dari HIDUP
Waktu itu……..
Waktu itu …
Anda sendiri yang mengisinya karena Anda tahu mana yang terbaik buat Anda, mana yang harus Anda lakukan karena perubahan terjadi dari diri Anda sendiri, yang mengetahui kemampuan dan kelemahan juga diri Anda sendiri.
Karena begitu berharganya waktu sampai di dalam hadist disebutkan ingatlah 5 perkara sebelum 5 perkara,
  1. Masa mudamu sebelum masa tuamu
  2. Masa Luangmu sebelum masa sempitmu
  3. Masa kayamu sebelum masa miskinmu
  4. Masa sehatmu sebelum masa sakitmu
  5. Masa hidupmu sebelum masa matimu
Masa itu sama dengan waktu, begitu sangat pentingnya sehingga selalu disebut-sebut di manapun, bahkan Alquran menyebutnya secara khusus yaitu “DEMI MASA”, Demi Waktu Ashar, Demi Waktu Malam dan lainnya. Karena begitu sangat sangat pentingnya waktu bagi kehidupan manusia, apakah kita mau dikalahkan oleh waktu?
Mau dikalahkan oleh keadaan yang tidak menentu?
Yang yang menentukan itu, ya, kita sendiri. Jika mau ada perubahan terjadi dan nyata, mulailah mengatur diri sendiri dengan manajemen waktu dan manajemen diri. Jika sudah memiliki hal tersebut, hmmm… hidup Anda akan sangat cepat berjalan karena sudah mengaturnya dengan baik setiap langkah.
Hidup Anda akan cepat tercapai tujuannya karena sudah menentukan waktu dan tujuannya. Apa yang terjadi jika setiap orang melakukan hal tersebut? Wow… fantastis disiplin waktu akan jadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rutinitas kehidupan, mengerti dan memahami waktu, menghargai waktu dengan sebaik-baiknya.
Mengapa banyak dari kita yang kadang cuek dengan waktu yang terus berjalan?
Karena tidak memahami dan mengerti waktu bagi diri sendiri, karena menganggap waktu itu tidak penting dan akhirnya hanya menjadi pecundang dalam hidup. Malah kadang menyalahkan keadaan bukan menyalahkan diri sendiri yang tidak mau tahu dengan waktu yang sangat penting setiap detik. Bahkan Allah SWT berfirman, “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika tidak mau merubah diri sendiri”. Dan salah satu firman lain, “Allah itu selalu bersama prasangka hambanya”.
Coba perhatikan firman di atas, perubahan dan prasangka atau cara melihat, memandang, menilai dan menghargai apalagi kalau bukan masalah WAKTU.
Jam berapa sekarang, ya?
Hm… tidak terasa Anda sudah membaca dan menghabiskan waktu untuk menambah ilmu, saling berbagi kebaikan, saling berbagi motivasi kehidupan, dan akhirnya Anda mengambil jalan mulai saat ini menghargai waktu untuk mencapai tujuan hidup yang telah kita inginkan dan harapkan.
Jika mau ada perubahan, yuk, menghargai waktu dan memanajemen waktu dengan sangat rapi menuju kesempurnaan diri. Tapi sadarkah diri Anda yang selama ini hanya fokus perubahan dan mengatur waktu hanya pada kehidupan dunia?
Mari kita balik metodenya perubahan dan mengatur waktu dengan baik untuk urusan pada Allah. Begitu panggilan adzan sholat harus ON TIME, berubah dengan meningkatkan kualitas diri ke agama lebih dalam dalam mempelajarinya dan mengaplikasikan dalam rutinitas kehidupan. Jangan selama ini hanya fokus pada perubahan dunia saja. Dengan cara seperti itu akan terjadi keseimbangan antara dunia dan akhirat, akan sangat nikmat rasanya hidup ini.
Sudahkah Anda memulainya? Yuk, kita memulai keseimbangan tersebut, maka secara otomatis akan terjadi perubahan yang sangat drastis dalam diri kita. Coba Anda buktikan dan rasakan sendiri perubahan seperti apa yang menjadikan diri Anda akan lebih baik dari sebelumnya. Sudah jam berapa, ya?
Seberapa sering Anda telat dalam pertemuan atau masuk kantor?
Seberapa sering Anda menunda-nunda setiap kegiatan?
Seberapa lama Anda hanya membuang-buang waktu percuma?
Apakah Anda sudah menentukan seberapa cepat sampai pada tujuan keberhasilan?
Seberapa lama Anda sudah menentukan tujuan keberhasilan?
Apakah sudah seimbang antara mengatur waktu dunia dan akhirat?
Semua itu terfokus pada waktu atau masa, jika kita tidak bisa mengatur dan merubahnya siap siaplah Anda akan tergilas dan dikalahkan oleh yang namanya waktu.
Anda hanya jadi penonton keberhasilan orang lain, Anda hanya menyesali waktu yang telah berjalan jauh meninggalkan Anda, dan akhirnya hanya penyesalan yang ada pada diri Anda sendiri.
Jadikan waktu sebagai teman kesuksesan, teman keberhasilan, teman yang selalu mengingatkan diri kita jika kita lalai oleh waktu yang sia-sia, jadikan waktu itu motivasi sehingga memacu Anda untuk bergerak dengan cepat meraih impian Anda selama ini.
Jam berapa sekarang, ya?
Tanpa terasa Anda sudah mulai memasuki akhir motivasi waktu perubahan untuk Anda sendiri. Ayoo… berubah, ayoo… berlari dan bertanding dengan waktu yang terus berjalan tanpa kompromi dengan kita. Perubahan akan terjadi jika kita menghargai waktu dan menjadikannya sebagai acuan kesuksesan.
By Anas Zulham Almansour
 Indonesian Motivator
AnAZ Personality POWER
 Pengembangan kepribadian
WA               : 08995051553
Email            : seminar@myself.com
Fanpage FB : Motivator Super POWER
Twitter         : @motivatorsuper
IG            : @motivator_super_power
Web             : http://motivatorsuper.weebly.com
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: