Jambi Siapkan Hilirisasi Pertanian

0
Ilustrasi Irigasi Sawah. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto mengatakan hilirisasi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan diyakini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan di Provinsi Jambi.
Pernyataan itu disampaikan Dianto dalam seminar ekonomi, Selasa (12/12/2017) kemarin. Dikatakannya bahwa Provinsi Jambi masih membutuhkan berbagai upaya bersama dalam pembangunan perekonomian masyarakat dan pembangunan infrastruktur di daerah itu.
“Proses hilirisasi atau industri guna setiap bahan baku yang dihasilkan dari daerah Jambi diharapkan semakin mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Dianto, Selasa (12/12/2017).

Menurut dia, belum optimalnya komoditi pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan yang dihasilkan petani dan pelaku usaha di Jambi karena nilai tambah produk tersebut masih kurang.

Padahal, pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian Jambi, yang diharapkan berimbas pada peningkatan pendapatan daerah serta peningkatan kesejahteraan petani.
Sebab itu, ia berharap sektor-sektor tersebut mampu dioptimalkan agar berkontribusi nyata dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Juga belum besar kontribusi dalam PAD dan kesejahteraan petani disebabkan penjualan masih dalam keadaan bahan mentah,” kata dia lebih lanjut.
Saat ini, katanya, Pemerintah Provinsi Jambi tengah melakukan upaya kerjasama dengan pihak terkait dalam pembangunan infrastruktur pendukung seperti pelabuhan, jalan, jembatan dan listrik untuk menciptakan hilirisasi tersebut.
“Karet, kelapa sawit maupun batubara belum banyak hilirisasi, namun Pemprov Jambi telah memberi kemudahan bagi investor menanamkan modalnya di Jambi,” pungkasnya.(clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: