Jonni Mardizal Buka Pre Departure Training Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea

0
Jonni Mardizal saat menyampaikan melepas pertukaran pemuda Indonesia ke Korea.

SERUJAMBI.COM,JAKARTA-Dalam suasana serius dan santai, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Jonni Mardizal didampingi oleh Staf Ahli Bidang Kerja sama Kelembangaan, Adiati Noerdin dan Asisten Deputi Kemitraan dan Pengembangan Pemuda, Wisler Manalu, membuka secara resmi kegiatan Pre Departure Training Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) di Hotel Ambhara, Jakarta.

Bersyukur untuk delapan belas orang pemuda yang tepilih yang berhasil lolos seleksi. Wujud bersyukur itu adalah dengan melaksanakan kegiatan dengan baik. Peran pemuda merupakan suatu kekuatan moral, kekuatan sosial dan agen perubahan. Di tangan kalianlah nanti masa depan bangsa ditentukan,” kata Jonni Mardizal dalam kata sambutannya.

“Pemuda Indonesia harus mampu jaga persatuan. Kita sadar atau tidak saat ini kita sedang diuji dan para pemuda dan pemudi inilah yang harus mampu merekatkan itu,”ucap tokoh asal Kerinci, Jambi ini.

Sebanyak 18 delegasi pemuda Indonesia yang sudah berhasil lolos seleksi dari seluruh provinsi di Indonesia menerima pelatihan sebelum bertolak ke negeri Gingseng. Pelatihan ini akan berlangsung dari tanggal 21 Juli hingga 25 Juli dan ditutup dengan pelantikan delegasi sebagai perwakilan Pemuda Indonesia dalam program PPIKor.

Selama lima hari, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan terkait tema PPIKor tahun ini yaitu “Ekonomi Kreatif” . Selain itu juga ada pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan serta cultural performance practice.

“Poin utama dari program ini adalah belajar dari berbagai pengalaman, mencoba belajar budaya yang berbeda, menghormati budaya orang lain, memahami bahwa perbedaan itu ada, sehingga pemuda Indonesia dapat menghormati dan menghargai perbedaan,” ujar ketua delegasi PPIKor, Retnoni Guarti.

Hal senada juga disampaikan oleh Noval Rompis, pemuda asal Sulawesi Utara. “Saya mengikuti program ini karena ingin belajar untuk saling menghargai dan sebagai wujud pengabdian generasi muda untuk Bangsa.”

Program tahunan Kemenpora yang sudah digelar sejak tahun 2010 ini akan dibagi menjadi dua fase. Fase pertama adalah delegasi Indonesia akan menerima kunjungan Pemuda Korea di Indonesia pada tanggal 26 Juli hingga 4 Agustus. Lalu fase kedua adalah delegasi pemuda Indonesia akan bertolak ke Korea pada tanggal 4 Augustus hingga 13 Agustus. Ada lima kota yang akan didatangi, yakni Incheon, Seoul, Yongin, Gagneung dan Chuncheon. Setelah itu seluruh delegasi Pemuda Indonesia akan berkumpul kembali untuk evaluasi dan membuat laporan dari hasil selama perjalanan mereka di Korea.(uin)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: