Jurus Jitu Dr Maulana Atasi Kemacetan

0
Jurus Jitu Dr Maulana Atasi Kemacetan
SERUJAMBI.COM, Jambi – Tinggal dan beraktivitas dalam suasana kota yang bersih, nyaman, aman dan bebas macet, adalah impian setiap orang dalam masyarakat perkotaan, tidak terkecuali di Kota Jambi.
Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tentu masalah kemacetan jalan raya akibat padatanya volume kendaraan atau pun faktor lainnya, tidak bisa dihindari terjadi di Kota berslogan Tanah Pilih Pusako Betuah ini.
Masalah kemacaten dan kesesakan di jalan raya di Kota Jambi ini, ternyata tidak luput dari perhatian Dr H Maulana, kandidat terkuat Wakil Walikota Jambi periode 2018-2023.
Dalam kesempatan bersilaturrahim dengan warga di Kelurahan Kenali Asam Bawah, ketika menggelar pengobatan dan pemeriksaan USG gratis untuk warga dan ibu hamil, Minggu (8/10/2017) kemaren, Dr Maulana menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dia sudah memiliki jurus jitu dan resep bagaimana mengatasi kemacetan di Kota Jambi, yang semakin hari akan semakin padat itu.
Menurut Kandidat Doktor dalam bidang Manajemen Pendidikan itu, bila nanti dia terpilih dan mendapat amanah untuk memimpin kota Jambi, maka pusat-pusat pembelanjaan seperti Mall, pasar-pasar modern, akan kita bangun di kawasan pinggiran, di kawasan yang masih lapang. Kebijakan itu, selain bisa mengurangi kepadatan didalam kota, bisa juga mempercepat akses infrastruktur untuk kawasan pinggiran dalam kota Jambi.
Dalam penjelasanya, mantan Direktur Rumah Sakit abdul Manap Kota Jambi itu, juga menyampaikan bahwa rame atau tidaknya pusat pembelanjaan itu tergantung bagaimana daya beli masyarakat dan inovasi dan kreatifitas pihak Mall agar bisa menarik pengunjung.
“Jadi tidak masalah kalau Mall atau pusat-pusat keramaian lainnya dibangun di tepi Kota,” ujar ketua ICMI kota Jambi itu.
Selain itu, untuk mengurangi kemacetan, kedepan di Kota Jambi harus punya Terminal central dan terpadu. Semua jenis transportasi umum bisa terintegrasi dalam satu terminal. Dengan demikian, penertiban dan kenyamanan transportasi publik, akan mudah dilakukan.
“Bila trasportasi publik dalam Kota Jambi, betul-betul terintegrasi dengan baik, masyarakat pasti lebih banyak memilih kemana-mana menggunakan jasa transportasi umum dibandingkan kenderaan pribadi, karena lebih hemat dan nyaman. Kita berbicara kepadatan dimasa yang akan dating,” jelas ketua Alumni UI provinsi Jambi itu.
Masih menurut Dr Maulana, putra Kebon Kelapo, kota Jambi itu, dia juga merencanakan bagaimana di Kota Jambi, dalam pembangunan jangka panjang, bisa memiliki jalan bawah tanah atau terowongan multi fungsi. Misalnya, sebuah terowongan yang selain berfungsi untuk menjadi jalan alternatif, bisa juga berfungsi untuk drainase banjir.
“Itu juga bisa menjadi salah satu upaya mengurangi kemacetan di kota Jambi,” tandasnya.(*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...