Jusuf Halim Resmi Jadi Anggota MKKE BPK

0
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Foto: Istimewa
SERUNESIA.COM, Jakarta – Jusuf Halim resmi menjadi Anggota Majelis Kehormatan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan (MKKE BPK) dari unsur profesi setelah diambil sumpahnya di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Rabu (4/10).

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK R Yudi Ramdhan Budiman dalam pernyataan resmi yang diterima Antara di Jakarta mengatakan pengambilan sumpah dipandu Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara.

Pengambilan sumpah juga dihadiri dan disaksikan Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar dan Anggota BPK serta para pejabat eselon I dan eselon II di lingkungan BPK.

“Pengambilan sumpah ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan BPK Nomor 16/K/I-XIII.2/10/2017 tentang Pengangkatan Anggota Majelis Kehormatan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan Tahun 2017 Sampai Dengan Tahun 2019 Dari Unsur Profesi oleh Panitera MKKE BPK,” kata Yudi.

Setelah pengambilan sumpah selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah Anggota MKKE BPK dan disaksikan oleh Ketua BPK.

Untuk menegakkan kode etik seperti yang dimaksud dalam Pasal 29 Ayat (1) Undang-Undang No.15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, dibentuklah Majelis Kehormatan Kode Etik (MKKE) yang keanggotaannya terdiri dari Anggota BPK serta unsur profesi dan akademisi.

Pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang Majelis Kehormatan Kode Etik BPK sendiri mengacu pada Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Majelis Kehormatan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan.

Saat ini yang menjabat sebagai Ketua MKEE BPK merangkap Anggota MKEE yaitu Agus Joko Pramono yang merupakan Anggota II BPK. Sedangkan untuk Anggota MKKE antara lain Isma Yatun yang menjabat Anggota V BPK, Zaki Baridwan dan I Gde Pantja Astawa dari unsur akademisi masing-masing dari UGM dan Unpad. Sedangkan Jusuf Halim mewakili unsur profesi menggantikan Mustofa.

Jusuf Halim merupakan Anggota Dewan Penasehat Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia dari 2007 hingga sekarang. Ia juga merupakan Anggota Dewan Komite Audit Indonesia dari 2004 hingga kini.

Pria jebolan Universitas Indonesia tersebut sejak 1990 hingga sekarang menjadi Dosen Perpajakan dan Manajemen Strategis Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dari 2002 hingga sekarang ia juga menjadi Anggota Komite Audit untuk beberapa perusahaan terbuka. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: