Kabar Gembira! Penerimaan Mahasiswa PGSD-UT Jambi Bisa Perorangan

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, Jambi – Regulasi penerimaan mahasiswa baru untuk prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka (PGSD-UT) Jambi mulai tahun akademik 2017-2018 menerima pendaftar perorangan dan tidak lagi per kelompok.

“Bila sebelumnya penerimaan mahasiswa reguler untuk prodi PGSD itu harus berkelompok, tahun ini pendaftaran bisa dilakukan perorangan,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Universitas Terbuka (UT) Jambi Andrianti, Rabu (19/7).

Menurut dia, perubahan kebijakan itu merupakan angin segar bagi para pendaftar prodi PGSD dan Paud yang mana pada tahun-tahun sebelumnya penerimaan harus berkelompok untuk memastikan ada satu kelas.

Perubahan regulasi itu, kata dia, disesuaikan dengan kondisi pendaftar yang pada beberapa tahun terakhir ini jumlah pendaftar ke Prodi PGSD dan Paud mengalami penurunan cukup signifikan.

“Dalam dua tahun ini pendaftar ke prodi itu menurun, mungkin para guru SD dan TK yang lulusan SMA dan sederajat untuk mengejar S1 sudah berkurang. Sehingga mulai tahun ini pendaftaran bisa dilakukan perorangan,” kata perempuan yang akrab disapa Aan itu.

Sebelumnya pendaftar Prodi PGSD wajib berkelompok untuk memudahkan proses praktik mengajar, namun demikian kendati saat ini tidak berkelompok tidak berpengaruh terhadap ujian praktik.

Lebih lanjut, ia mengatakan UT-IPBJJ Jambi yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kota Jambi mulai awal tahun 2017 ini menempati gedung baru di kawasan Jelutung itu. UT terdiri dari empat prodi program magister (S2) yakni administrasi publik, manajemen, manajemen perikanan dan pendidikan matematika.

Sedangkan untuk program sarjana atau S1 sebanyak 27 prodi, serta tiga program diploma yakni diploma II perpustakaan, diploma III perpajakan dan diploma IV kearsipan.

“Satu prodi yang masih baru yakni Ilmu Hukum cukup banyak peminatnya. Berbeda dengan perguruan tinggi lain, UT membuka pendaftaran setiap semester,” katanya.

Pada semester ini, pendaftaran mahasiswa baru program reguler telah ditutup pada 12 Juli. Kecuali untuk pendaftaran prodi PGSD dan PAUD masih dibuka hingga 28 Juli 2017.

Lebih lanjut ia menyatakan, total mahasiswa Universitas Terbuka (UT) di Jambi saat ini sebanyak 5.000 orang yang tersebar di 11 kabupaten/kota di provinsi itu.

Sementara itu kesibukan di sekretariat UT Jambi itu meningkat di awal tahun akademik 2017-2018 terutama mereka yang melakukan registrasi serta konsultasi program perkuliahan semester berikutnya.

“Sistem kuliah jarak jauh dan saat ini modulnya dikirimkan melalui aplikasi berbasis internet. Namun untuk beberapa kabupaten masih ada yang jaringan internetnya kurang mendukung,” kata Andrianti menambahkan. (ant/isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...