Kades Ketahuan Mark Up Anggaran

0
Ilustrasi.
Jadi Temuan, Tim Minta Kembalikan Uang
SERUJAMBI.COM, Tebo – Berbagai kesalahan dalam mengelola Dana Desa (DD) mulai tericum oleh Tim Audit Pemkab Tebo. Bahkan, tim menemukan beberapa kesalahan fatal yang dilakukan Kades dalam mengelola anggaran negara tersebut.
Berdasarkan hasil temuan dari Tim Audit Internal Pemkab Tebo, hampir seluruh desa melakukan kesalahan dan tidak mempergunakan dengan baik.
Kepada Seru Jambi, Sekretaris Dinas (Sekdin) Inspektorat Tebo, Setyoko, menyatakan kalau kesalahan yang ditemukan pihaknya akibat dari Sumber Daya Manusia (SDM) dari para Kades yang masih minim.
Dia menjelaskan, dari hasil temuan audit internal, temuan yang dominan dilakukan oleh desa atau yang mengelola dana desa tersebut, adalah soal mark up harga, pajak yag belum disetor dan ada juga soal kekurangan volume dalam pekerjaan fisik.
“Kebanyakan kesalahan yang ditemukan tim audit adalah mark up harga barang, kekurangan volume pekerjaan serta pajak yang belum disetor,” tegasnya sembari mengatakan akan tetap akan terus memantau penggunaan DD dan ADD di Tebo.
Kata dia, akibat dari temuannya tersebut, pihaknya akan merekomendasikan agar para Kades mengembalikan uang temuan dari pengerjaan proyek desa.
“Dari hasil audit kita, semua desa melakukan kesalahan dalam mengelola DD dan ini kita rekomendasikan untuk kembalikan. Rata-rata karena SDM di desa rendah, jadi mereka (pengelola DD) sangat rentan melakukan kesalahan akibatnya timbul temuan,” ungkapnya.
Lebih jauh dikatakannya, dalam kesempatan ini dirinya mewarning para Kades untuk lebih berhati-hati dan jeli dalam mengerjakan proyek yang menyedot anggaran pemerintah tersebut. lanjutnya, jangan sampai nanti para Kades malah berurusan dengan hukum akibat ketidaktahuan mereka.
“Jangan asal dalam mengerjakan proyek DD. Kami akan terus memantau dan tidak main-main dalam hal ini. Jangan sampai ada yang tersangkut hukum,” tandasnya.(esy/usa)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: