Kapolda: Maknai Tahun Baru Islam dengan Peningkatan Kinerja

2
Kapolda Jambi
Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo
SERUJAMBI.COM, Jambi –  Kamis 28 September 2017 Pukul 08.00 WIB, Polda Jambi mengadakan kegiatan keagamaan, berupa peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H/2017 M, di Masjid Al-Ihklas, Mako Polda Jambi, Thehok, Jambi Selatan, Kota Jambi.
Hadir dalam kegiatan keagamaan itu, Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto, Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs Edy Sukaryo, Pejabat Utama Polda Jambi, Para Pamen, Pama, Bintara, Bhayangkara, Aparatur Sipil Negara Polda Jambi dan Bhayangkari. Sebagai Penceramah, hadir ustad Dr H Umar Yusuf, dosen UIN Sultan Thaha Saefudin Jambi.
Dalam amanatnya, Kapolda Jambi menyampaikan, dengan menyadari bahwa waktu terus berjalan, sedang kehidupan manusia berada di lorong waktu yang terbatas, maka diharapkan tumbuh kesadaran dan semangat juang sebagai seorang muslim dan sebagai anggota Polri yang beriman.
“Selalu parbaiki diri serta berupaya memperbaiki kinerja dan hubungan dengan masyarakat di sekitar kita. Dengan melakukan amar makruf nahi munkar, sebagaimana yang pernah terjadi pada zaman Nabi Muhammad Saw, Tahun Baru Islam didasarkan pada peristiwa hijrah rasul dari Makkah ke Madinah,” jelas Kapolda.
Salah satu makna penting hijrah adalah, adanya proses transformasi dari kegelapan menuju peradaban yang tercerahkan. Selain itu, hijrah juga mengandung makna pemisah antara kebenaran dan kebathilan. Dalam konteks berorganisasi dan berkebangsaan, terutama dalam tubuh kepolisian, kata Kapolda, hijrah bisa dimaknai sebagai transformasi menuju peningkatan kesejahteraan.
“Makna hijrah tersebut harus selalu hidup dan mewarnai kehidupan kita sebagai anggota Polri, dan terlebih lagi kita sebagai umat nabi Muhammad SAW,” terang Kapolda, lagi.
Dikatakan, peristiwa hijrah yang pernah dilakukan rasulullah yang kemudian ditetapkan sebagai permulaan tahun baru Islam, tidak semata-mata merupakan kejadian yang biasa melainkan menjadi sebuah pola yang perlu dikaji, diresapi dan diamalkan maknanya.
“Saya ingin mengajak hadirin sekalian untuk memulai tahun  baru hijriah ini dengan tekad dan semangat muhasabah menuju perbaikan diri, perbaikan kinerja dan perbaikan hubungan dalam bermasyarakat,” sampainya.(cok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: