Kasdam Buka Pelatihan di Korem 151/Binaiya

0
Ilustrasi keakraban TNI-Polri. (ist)
SERUAMBON.COM – Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono membuka Latihan Posko I Korem 151/Binaiya, yang diikuti seluruh personel baik Perwira, Bintara maupun Tamtama, di Baileo Slamet Riyadi di Kota Ambon, Maluku.
Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara, Sabtu menyebutkan, kegiatan itu melibatkan Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Cristian Kurnianto Tehuteru dan Kasrem Letkol Inf Christian Pieter Sipahelut�sebagai pelaku latihan, dan dihadiri oleh Para Asisten dan Kabalak Jajaran Kodam XVI/Pattimura, dan Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Aswardi, S.E. sebagai Wakil Komandan latihan (Wadanlat).
Latihan Posko I itu mengusung tema “Korem 151/Binaiya Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Polri di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Mengatasi Terjadinya Konflik Sosial”.
Kasdam saat membacakan amanat Pangdam mengatakan, Latihan Posko I ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para Komandan dan Staf Korem dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan.
Selain itu, kemampuan teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko, serta Kodal Operasi guna membantu tugas Pemerintah daerah maupun Kepolisian dalam menghadapi permasalahan konflik sosial di wilayah.
Mencermati tugas tersebut, perlu dirumuskan mekanisme latihan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan operasi bantuan kepada Polri dalam penanganan konflik sosial, yaitu dengan penyelenggaraan Latihan Posko I sebagai wahana untuk melatih dan menguji kemampuan Komandan dan Staf Korem 151/Binaiya dalam proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan operasi serta guna mewujudkan kesiapan operasional satuan.
Untuk mencapai sasaran kualitatif, Komandan dan staf Korem harus mampu melaksanakan kodal komandan dan proses perencanaan dan persiapan operasi, melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam mekanisme suatu Posko.
Selain itu, meningkatkan penerapan taktik dan teknik dalam pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial, meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam hal koordinasi, kerja sama terpadu pada proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan suatu operasi bersama Polri dalam operasi penanganan konflik sosial.
Selanjutnya, meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam pemberdayaan semua kemampuan satuan secara terintergasi, meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam Olah Yudha, meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam melaksanakan fungsi komando dan staf, dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam merencanakan dukungan administrasi terhadap pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial, meningkatkan kemahiran Komandan dan Staf Korem dalam hal tulisan militer.
“Latihan Posko I Korem 151/Binaiya yang dilaksanakan selama tiga hari dengan metode geladi diharapkan dapat menjadi bekal yang berharga bagi para Komandan dan Staf dalam melaksanakan fungsi dan tanggung jawab jabatannya, sehingga nantinya satuan ini dapat melaksanakan tugas dengan berhasil dan berdaya guna,” kata Pangdam.
Selain itu, diharapkan juga adanya peningkatan pemahaman dan wawasan serta dapat mengaplikasikannya di lapangan dalam tugas, sehingga dapat memanfaatkan Latihan Posko I ini dengan sebaik-baiknya dan seluruh peserta benar-benar dapat memahami tugas dan perannya sebagai Komandan maupun Perwira Staf, baik secara kualitas maupun kuantitas.(esa/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: