Kemenag: Delapan Jamaah Haji Jambi Dipulangkan Awal

0
Ilustrasi Jemaah Haji. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, menyatakan delapan jamaah haji asal provinsi itu dipulangkan lebih awal (tanazul) karena dua alasan.

Humas Kemenag Provinsi Jambi, M Thoif di Jambi, Jumat (22/9), mengatakan hingga saat ini sudah tercatat delapan orang jemaah Jambi yang dipulangkan lebih awal karena alasan kedinasan dan sakit.

Dia menyebutkan, dua orang jamaah haji asal Provinsi Jambi terakhir dipulangkan atas nama Dahril Rasad Abdullah dan Ziarmi Adun Saman yang tegabung dalam kloter 23 Embarkasi Haji Antara Jambi karena menderita sakit.

“Kedua jamaah haji tersebut ditanazulkan bersama Kloter 12 BTH (Batam), saat ini sudah dipulangkan ke daerah asalnya di Kabupaten Kerinci,” kata Thoif.

Berdasarkan informasi dari dokter Kloter 23 kata Thoif menjelaskan, jamaah yang tanazul tersebut menderita sakit jantung ditambah hipertensi dan anemia. Sedangkan istrinya sakit hipertensi dan post stroke.

“Kedua jamaah haji yang awalnya tergabung dalam kloter 23 itu berpindah dan bergabung pada kloter 12 embarkasi Batam, yang kemudian diterbangkan dari Batam ke Jambi,” kata dia.

Setelah tiba di Bandara Sulthan Taha Jambi, kedua jamaah tersebut dibawa mobil ambulance pihak KKP Jambi dan langsung dirujuk ke RS Bratanata (DKT), yang kemudian pulang ke daerah asalnya.

Tanazul kata Thoif menjelaskan, dibagi menjadi dua yakni memisahkan diri dari rombongan dan minta pulang lebih awal dan juga tanazul karena sakit serta tanazul karena alasan tugas.

“Kepulangan awal jamaah asal Kerinci ini tidak menganggu keberadaan jamaah haji lain, karena semua sudah dikoordinasikan dengan pihak yang lain,” katanya.

Jamaah yang sakit kata Thoif, bisa mengajukan permohonan untuk dipulangkan lebih awal dari jadwal supaya mendapat pengobatan di Tanah Air dengan rekomendasi dan izin dari dokter untuk melakukan penerbangan.

Setelah tiba di daerah asalnya, kedua jamaah haji tersebut masih terus dipantau kesehatannya berdasarkan kartu yang dikeluarkan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), katanya menambahkan. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: