Kemkominfo Dukung dan Apresiasi Gerakan Bijak Bersosmed

0
Sebuah gerakan bertajuk #BijakBersosmed diluncurkan oleh para penggiat media sosial, komunitas, serta berbagai organisasi yang peduli dengan media sosial sebagai media interaksi dan komunikasi. Foto: Istimewa

SERUNESIA.COM, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi dan mendukung gerakan Bijak Bersosmed yang digulirkan oleh para pegiat media sosial dan komunitas (netizen).

Gerakan ini merupakan inisiatif netizen didukung Indosat Ooredoo untuk mendorong dan menjaga penggunaan sosial media di Indonesia yang sehat, cerdas, aman dan bijak, demikian siaran pers Kementerian Kominfo di Jakarta, Minggu (27/8).

Gerakan ini lahir dari keprihatinan para pegiat sosial media yang menyadari betapa sosial media sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda perkotaan.

Lebih dari 132 juta populasi Indonesia atau sekitar 51 persen dari total populasi Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya dengan berbagai perangkat-perangkat digital.

Sementara kekuatan sosial media saat ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian kelompok untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan, ujaran-ujaran yang tak bertanggung jawab bahkan digunakan sebagai ladang profit bagi para produsen hoaks Gerakan #BijakBersosmed ini sekaligus menandai Peringatan ke-72 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Peringatan 50 tahun Indosat Ooredoo melayani masyarakat Indonesia.

Untuk itu, pegiat media sosial dan komunitas yang peduli dengan media sosial sebagai media interaksi dan komunikasi meluncurkan gerakan #BijakBersosmed di Jakarta, Sabtu (26/8).

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo Semuel A Pangerapan mewakili Menteri Kominfo saat peluncuran gerakan tersebut mengharapkan masyarakat turut menjadi agen perubahan (agent of change) guna menjadikan media sosial yang sehat, aman dan cerdas.

“Industri bisnis melalui kebencian atau fabrikasi kebencian, yang disebut untuk itu berhati hatilah menggunakan sosial media. Kita harus menjaga hak orang lain dan saya berharap bapak ibu menjadi ‘agent of change,” katanya.

Salah satu pemrakarsa gerakan #BijakBersosmed, Enda Nasution, menyampaikan “bentuk utama dari Gerakan #Bijakbersosmed berupa penyebaran informasi penggunaan sosial media dengan lebih bijak yang didukung video-video informatif dan e-book. Selain itu ada pula penyediaan ikrar #BijakBersosmed online yang dapat diikuti dengan mengunjungi www.bijakbersosmed.id .

Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Rippy Mangkoesoebroto dalam kesempatan tersebut menyatakan Indosat Ooredoo mendukung gerakan #BijakBersosmed sebagai sebuah program nyata kampanye public pengguna sosial media yang bijak. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: