Kenali, Ini Tanda Hewan Kurban Anda Terkena Jembrana dan Antraks

0
Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan mengobati mata sapi yang sakit karena serangan lalat. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, JAMBI-Menjelang pelaksanaan pemotongan hewan kurban besok pagi (1/9). Kenali, apakah hewan kurban anda benar-benar sehat.

Damiri, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi membeberkan, ada beberapa gejala yang menandai sapi terserang virus jembrana.

Untuk sapi yang mengidap virus jembrana, memiliki ciri-ciri berkeringat darah, mencret atau diare berdarah. Dan, ada pembengkakan pada limfa. Sapi yang terkena virus ini juga mengalami demam tinggi dengan suhu berkisar 39-41,5 derajat celsius.

“Kalau diusap, ada keringat kemerah-merahan, waspadai,” kata Damiri.

Sementara antraks, bakteri yang biasa menyerang hewan mamalia ini ditandai dengab gejala umum yang ditunjukkan keluarnya darah berwarna merah kehitaman melalui mulut, hidung, telinga dan anus. Disertai kondisi limpa yang membengkak. Kotoran yang dihasilkan pun berbentuk cair dan bercampur darah.

“Kalau Jembrana ini tidak menular, tapi antraks bisa menular,” kata Damiri.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi sendiri kata dia, sudah memerika 1700 lebih hewan kurban di Kota Jambi. Dan dipastikan terbebas dari dua penyakit tersebut. “Kita sudah periksa. Umumnya kurap dan sakit mata. Tapi sudah kita obati,” yakin dia.

Sementara, untuk hewan kurban yang belum di cek kesehatannya. Pihaknya, menghimbau untuk dibawa ke Dinas terkait untuk di cek kesehatannya.(clp)

Loading Facebook Comments ...
loading...