Kontingen Jambi Ikuti Pekan Sastra di Padang

0
Ilustrasi Sastra. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kontingen Jambi ikut ambil bagian pada Pekan Sastra Regional Sumatera yang dipusatkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

“Kita kirimkan kontingen dengan kekuatan penuh dan ambil bagian di setiap mata lomba,” kata Kepala Kantor Bahasa Jambi Syaiful Bahri Lubis di Jambi, Selasa (5/9).

Ia menyebutkan Pekan Sastra Regional Sumatera sama dengan kegiatan yang digelar di Bandar Lampung bulan lalu. Namun bedanya kegiatan di Lampung merupakan kegiatan pekan bahasa, sedangkan di Padang Sumatera Barat khusus pekan sastra.

Kegiatan yang berlangsung 3-7 September 2017 itu, diikuti oleh seluruh provinsi yang ada di Sumatera masing-masing mengirimkan duta sastra masing-masing hasil seleksi di tingkat provinsi.

“Pesertanya para pemenang di tingkat provinsi,” katanya.

Materi yang diperlombakan adalan musikalisasi puisi untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), dendang syair untuk umum, membaca puisi tingkat SLTP, mendongeng untuk kategori guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menutur cerita rakyat untuk SD.

“Selain itu juga dipertandingkan lomba berbalas pantun untuk tingkat mahasiswa,” katanya.

Jambi sendiri, kata dia mengirimkan perwakilannya yang merupakan para juara lomba pada pekan sastra tingkat Provinsi Jambi yang digelar pada April 2017 lalu. Mereka telah dipersiapkan dan diberi penguatan materi untuk bisa ambil bagian pada ajang pekan sastra yang digelar di Bumi Minang itu.

Kami menggelar berbagai kegiatan pekan sastra dan bahasa sejak awal tahun, dan pemenangnya kita bawa ke ajang regional, beberapa kami ikutsertakan pada lomba di tingkat nasional,” kata Saiful Bahri.

Lebih lanjut ia menyatakan, berbagai kegiatan kebahasaan dan kesusastraan terus digulirkan, salah satunya untuk meningkatkan minat generasi muda untuk terjun di dunia bahasa dan kesusasteraan.

“Selain dalam kegiatan di Kantor Bahasa, kegiatan itu juga digelar komunitas bahasa dan sastra di Jambi. Kami berharap generasi muda bisa lebih tertarik dan ikut ambil bagian dalam pengembangan bahasa dan sastra,” katanya.

Syaiful Bahri optimistis, antusiasme generasi muda akan terus meningkat. Pihaknya melakukan berbagai kegiatan kebahasaan dan kesusasteraan dari kategori umum, mahasiswa, pelajar, guru hingga tingkat PAUD.

“Salah satunya program bengkel sastra yang kami gelar dengan melibatkan berbagai kalangan dan tingkatkan usia,” kata Kepala Kantor Bahasa Jambi itu menambahkan. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: