Korupsi DD, Bakal Ditindak Tegas

0
Kapolda Jambi
Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo
SERUJAMBI.COM, Jambi – Ini peringatan tegas untuk para perangkat desa. Kapolda Jambi, Brigjen Pol Priyo Widyanto telah mengeluarkan instruksi untuk menindak tegas, para koruptor yang menggerogoti Dana Desa (DD). Instruksi ini beliau sampaikan saat menggelar pengarahan tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan alokasi dana desa se-Provinsi Jambi.
Dalam kegiatan tersebut, Kapolda mengumpulkan para Kapolres, Para Kasat Reskrim, Para Kasar Binmas, Para Kapolsek dan Para Bhabinkamtibmas seluruh jajaran Polda Jambi di gedung Pesat Gatra Satbrimob Polda Jambi.
Brigjen Pol  Priyo Widyanto, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pada tanggal 20 Oktober 2017, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Kemendes PDTT Eko Sandjojo telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang pencegahan, pengawasan, penanganan permasalahan dana desa. Untuk itu, para kapolres dan jajarannya diminta untuk bisa lebih berperan aktif.
Dalam penindakan, kapolda menyatakan tidak akan pandang bulu. Jika ada anggotanya, atau siapapun itu, apapun pangkatnya, yang ikut menyalahgunakan dana desa, akan ditindak tegas. Dia akan memasukannya dalam tindak pidana korupsi.
“Bagi bhabinkamtibmas diharapkan untuk melaporkan kegiatannya setiap hari kepada pimpinan dan bagi yang paling aktif, Kapolda Jambi akan memberikan rewarde dan bagi yang tidak aktif akan diberikan punistment,” tegas Kapolda Jambi kemarin (1/11/2017).
Priyo menyebutkan, Untuk Kapolres, dia memerintahkan agar setelah selesai acara ini, agar segera menindaklanjuti kebijakan ini kepada jajarannya. Selanjutnya untuk para kapolsek, kapolda meminta untuk minimal mengumpulkan para bhabinkamtibmasnya. Mereka dikumpulkan dua kali dalam seminggu untuk di evaluasi.
Dalam kegiatan kemarin, Kapolda Jambi juga meluncurkan aplikasi untuk pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan DD dengan nama Kawal Dana Desa Polda Jambi.
“Aplikasi ini berbasis android dan untuk memudahkan anggota bhabinkamtibmas dan masyarakat untuk melaporkan apabila ditemukan permasalahan terkait dana desa tersebut. Aplikasi ini merupakan terobosan Polda Jambi dalam menindak lanjuti kebijakan pimpinan Polri dalam mendukung program yang digulirkan oleh pemerintah,” kata Kapolda Jambi.
Terpisah, Kabid Humas Polda Jambi,AKBP Kuswahyudi Tresnadi, saat dikonfirmasi mengatakan, pengarahan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi kepada seluruh personil kepolisian dalam bertindak di lapangan. Terutama para Bhabinkamtibmas yang merupakan garda terdepan Polri yang berada di desa.
“Kegiatan pengarahan yang diselenggarakan oleh Direktorat Binmas Polda Jambi ini diikuti oleh seluruh Kapolres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Polres Jajaran Polda Jambi, juga melibatkan Kepala Inspektorat Propinsi Jambi dan kabid pemberdayaan perempuan Provinsi Jambi,” tandas Kuswahyudi Tresnadi.(cok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: