Kronologis Penangkapan Kapal Motor GT 05

0
Ratusan kayu bulian yang tidak memiliki dokumen resmi ini, diamankan pada selasa (11/7) lalu, di wilayah perairan Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat. Foto: Andes/SeruJambi.com

SERUJAMBI.COM, Jambi – Pihak Kepolisian dari Direktorat Polisi Air (Ditpoair) Polda Jambi, berhasil mengamankan 380 keping kayu bulian ilegal, yang diangkut oleh Kapal Motor GT 05. Penangkapan ini dilakukan pada selasa (11/7) di wilayah perairan Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat.

Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto melalui Kabid Humas AKBP Kuswahyudi Tresnadi mengungkapkan, penangkapan tersebut bermula dari adanya laporan masyarakat ke Anggota Polair Polda Jambi.

BERITA TERKAIT:
380 Keping Kayu Bulian Ilegal Diamankan

Setelah mendapat laporan tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan di perairan yang dimaksud. Tepat pada Selasa malam, pukul 17.00 WIB pada koordinat 00.47.700 S-103.29.800 T, petugas berhasil mengamankan Kapal tersebut.

“Setelah diperiksa, kayu bulian berjumlah 380 keping itu tanpa dilengkapi dengan Surat Keterangan Sah Hasil Hutan (SKSHH) dari Dinas Kehutanan di wilayahnya,” kata AKBP Kuswahyudi Tresnadi, Kamis (13/7).

Lanjutnya, selain mengamankan ratusan keping kayu bulian ilegal, anggota juga turun mengamankan nahkoda kapal dengan inisial S. Dan juga seorang awak kapal berinisial U.

“Mereka ini warga Indra Giri Hilir, Riau,” jelas Kuswahyudi.

Saat ini, petugas masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku dan saksi-saksi lainnya. Akibat perbuatannya akan diancam dengan pidana, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat 1 huruf a dan huruf b jo pasal 88 ayat 1 huruf a UU RI No.18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H).

“Ancamannya, diatas 5 tahun kurungan penjara,” pungkasnya.(hry)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: