Lima Anggota Dewan Diperiksa Polisi Sebagai Saksi Kasus Penistaan Agama

0
Anggota DPRD Tanjabbar Riano Jaya (kanan). Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, KUALATUNGKAL – Kasus  dugaan penistaan Agama yang dilakukan oleh Oknum Anggota DPRD Tanjabbar, Riano Jaya Wardana akhirnya berlanjut. Polres Tanjabbar, belum lama ini melakukan pemeriksaan terhadap lima orang anggota dewan. Salah satunya adalah ketua DPRD.
Kelima orang yang diperiksa tersebut yaitu, ketua DPRD Tanjabbar Faizal Riza, Azis Rohman Anggota, H.Padli,SH Anggota, Jamal Darmawan anggota, dan H Syaifuddin. Mereka diperiksa, sebagai saksi dugaan penistaan agama yang dilakukan politisi partai nasdem itu.
Adanya pemeriksaan tersebut, dibenarkan oleh Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Tanjab Barat, H.Syaifuddin. Dikatakan H. Syaifuddin, bahwa dirinya bersama rekan-rekan DPRD, dipanggil pihak Kepolisian. Tapi berkapsitas mereka, hanya sebagai saksi kasus Riano Jaya Wardana.
“Memang kita diperiksa sebagai saksi, kasus Dugaan Penistaan Agama yang dilakukan oleh Oknum Anggota DPRD Tanjab Barat, Riano Jaya Wardana lewat medsos facebook-nya beberapa waktu yang waktu lalu,” beber Syaifuddin.
Mereka menurut Syaifuddin, dimintai keterangannya oleh penyidik di mapolres Tanjabbar. Mereka ditanya, sebatas apa yang mereka ketahui serta proses yang berjalan di DPRD terhadap Riano. Pemanggilan ini dilakukan, karena dalam waktu dekat ini, penyidik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap.
Riano Jaya Wardana, sebagai terlapor.
Ketua BK tersebut juga menambahkan, jika terlapor tidak menutup kemungkinan untuk diberhentikan sementara. Pemberhentian tersebut dilakukan, jika hasil penyidikan telah keluar. Lalu terlapor juga ditetapkan menjadi tersangka. Maka ketua BK, berhak melakukan pemberhentian sementara.  Pemberhentian ini dilakukan, menjelang inkrah putusan pengadilan.
Apabila nantinya dalam putusan pengadilan, Riano  terbukti bersalah, dan diputus hukumannya, maka BK bisa langsung memberhentikannya.  Pemberhentian akan langsung dilakukan setelah putusan pengadilan keluar.
Terpisah, Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga, melalui Kasat Reskrim AKP Pandit Wasianto, ketika dihubungi membenarkan jika pihaknya telah melakukan pemeriksaan pada lima anggota DPRD. Menurutnya, pihak penyidik hanya meminta keterangan para saksi, terkait kasus dugaan penistaan agama.
“Iya diperiksa terkait Riano. Ketua dan H Udin,” kata Kasat Reskrim. (iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: