Mandiri Dorong Penggunaan Alat Pembayaran Mengunakan Kartu

0
Ilustrasi e-Money. Foto: Istimewa
SERUPALEMBANG.COM, Palembang – Bank Mandiri mendorong penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) melalui kartu kredit, uang elektronik (e-money) dan kartu ATM untuk menyukseskan Gerakan Nasional Nontunai.

CEO Bank Mandiri Sumatera 2 Aribowo di Palembang, Minggu (29/10), mengatakan, perusahaan berkerja sama dengan mal dan merchant-merchant dalam memberikan potongan harga bagi nasabah yang memanfaatkan APMK.

“Diskon diberikan terkadang tidak tangung-tanggung bisa sampai 50 persen, seperti di Palembang Icon Mall mulai 27-29 Oktober,” kata dia.

Ia mengatakan GNNT ini harus terus digaungkan agar masyarakat menjadi terbiasa berbelanja tidak mesti menggunakan uang.

“Sudah tidak zamannya semua harus pakai uang,” kata dia.

Menurutnya, beberapa pilihan ditawarkan untuk membiasakan nasabah bertransaksi notunai sehingga perusahaan berani mematok target total transaksi diatas Rp5 miliar selama ajang ini berlangsung. Sementara khusus untuk transaksi e-Money ditargetkan Rp1 miliar.

Deputi Direktur Bank Indonesia Sumatera Selatan M Seto Pranoto mengatakan pengurangan transaksi tunai ini sangat penting mengingat negara mengeluarkan dana yang besar untuk pembuatan lembaran uang. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang ada di masyarakat.

“Jika tidak diupayakan untuk ditekan maka APBN akan tergerus terus karena harus membiayai pencetakan uang, padahal alokasi dana tersebut dapat digunakan untuk yang lain seperti pembangunan infrastruktur, perbaikan sekolah rusak, hingga peningkatan kesehatan ibu dan anak,” ujar dia.

Selain itu, penerapan transaksi nontunai ini juga lebih transparan untuk tatanan pemerintahan. “Jadi semua tercatat di sistem, dan akan mencegah praktik korupsi,” kata dia.

Kota Palembang menjadi pioner gerakan nasional nontunai dengan diawali program GNNT di lingkungan perkantoran pada Februari 2015. Masih tingginya jumlah penggunaan uang untuk transaksi tunai mendorong Bank Indonesia secara terus menerus menyosialisasikan ke masyarakat mengenai penggunaan APMK. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: