Mukomuko Bantu Basmi Hama Perusak Tanaman Padi

0
Petani Padi Mukomuko. Foto: ant/serujambi

SERUBENGKULU.COM, Mukomuko – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan insektidida, pestisida dan racun untuk membasmi hama perusak tanaman padi berumur dua bulan milik kelompok tani Sungai Bayeh, Desa Sungai Gading.

“Bantuan tersebut untuk membasmi hama wereng, hama tikus, hama pengerat batang dan ulat pulur yang merusak tanam padi,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Hari Mustaman di Mukomuko, Sabtu (22/7).

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti laporan dari kelompok tani Sungai Bayeh Desa Sungai Gading yang mengeluhkan serangan hama hama wereng, hama tikus, hama pengerat batang dan ulat pulur pada tanaman padinya.

Ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di wilayah tersebut untuk mengetahui luas areal persawahan yang terserang hama tersebut.

“Kita punya insektisida, pestisida dan racun dan yang dibutuhkan oleh kelompok tani, tetapi kami harus tahu jumlah kebutuhan barang itu untuk membasmi hama tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, instansi menyalurkan bantuan obat dan racun hama ini sesuai dengan kebutuhan karena barang ini untuk stok satu tahun.

Ketua Kelompok Tani Sungai Bayeh Desa Sungai Gading M Din dalam keterangan tertulisnya mengajukan permohonan bantuan membasmi hama perusak tanaman padi milik anggota kelompoknya.

“Hama merusak sebagian tanaman padi berumur dua bulan. Kalau hama tersebut tidak segera dibasmi maka dampaknya merusak seluruh tanaman padi milik petani,” ujarnya. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: