Muradi Usulkan Dibentuknya Gebu Kerinci

0
Muradi
Muradi
SERUJAMBI.COM, Kerinci – Tokoh asal Kerinci Muradi, mengusulkan agar warga Kerinci Perantauan membentuk Gebu Kerinci. Saingan HKK?
Gagasan Gebu Kerinci ini disampaikan langsung Muradi kepada Seru Jambi. Mantan anggota DPR RI dapil Jambi ini menjelaskan, ia sempat hadir memberi sambutan dan sebagai nara sumber di rapat kerja HKK se Propinsi Jambi, sabtu lalu. Ada beberapa poin yang disampaikan Muradi dalam forum HKK itu. Dan salah satunya mengenai Gebu Kerinci.

BACA JUGA: Pilkada Kerinci 2018, Zoerman Tegaskan Golkar Belum ke Monadi

“Saya mendukung langkah lanjut HKK untuk skala nasional perlu dibentuk PB. HKK tidak bergerak dibidang politik praktis tapi ditekankan Gerakan Ekonomi Budaya ; seperti Gebu Karo , Gebu minang , bisa saja Gebu Kerinci,”jelasnya.
Gebu Kerinci, kata Muradi, menampung aspirasi orang Kerinci dan Sungai Penuh di perantauan. Anggotanya dari berbagai orang politisi, usahawan, ilmuwan, pemuda, ulama, adat akar rumput.
“Persisnya gerakan ekonomi budaya. Apalagi Kerinci merupakan daerah dengan kebudayaan paling banyak,”ujarnya.
Namun, Gebu Kerinci tidak sama dengan HKK. Fokus gebu Kerinci lebih menekankan gerakan ekonomi dan budaya saja.
Selain itu, Muradi memberi masukan agar HKK membuat program lain, seperti perlu adanya rumah singgah di ibukota propinsi Jambi. “Perlu adanya ambulan,”singkatnya.
Muradi juga berharap HKK terus berjuang untuk kepentingan anggota melalui anggota yang di legislatif ditingkat kabupaten /kota, propinsi dan pusat.
“Harus memperkuat HKK di tiap tingkatan pusat, Propinsi dan Kabupaten kota se Indonesia,”ujarnya.
Selanjutnya, politisi hanura ini berharap HKK berani Menjajaki potensi Kedepan sepanjang kondisi UU memungkinkan pembentukan pemekaran propinsi, kabupaten/kota, kecamatan di Kerinci. Saat ini sedang bergulir wacana pembentukan Kabupaten Kerinci Hilir atau Sumatera Tengah.
“HKK harus Mendorong Pemerintah pusat dan propinsi membangun infrastruktur jalan dari/ke Kerinci untuk menumbuhkan potensi wisata dan jadi kota pendidikan,”katanya.(mui)
Loading Facebook Comments ...
loading...