OPINI: Bidikmisi Membangkitkan Mutiara Bangsa

0
Oleh: Dosil Henofra
SERUJAMBI.COM – Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Bidikmisi sangat populer di kalangan siswa SMA serta sangat banyak peminatnya dan pelamar bidikmisi tiap tahunnya, akan tetapi yang berhak mendapatkan beasiswa ini adalah mereka yang memang merupakan mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Pada hari senin , 04 desember 2017 universitas jambi memberikan buku tabungan kepada 816 mahasiswa baru penerima bidikmisi unja tahun 2017, di acara ini mahasiswa penerima bidikmisi diberi nasihat agar tetap berprestasi dan mengunakan dana dari bidikmisi ini untuk keperluan kegiatan perkuliahan bukan untuk berfoya-foya.
Ayo bangkit, bangkitalah semua hai kau mutiara yang terpendam, kemiskinan bukan jadi penghalang, untuk berprestasi meraih cita-cita (penggalan lirik mars bidikmisi).  Sejak bidikmisi diluncurakan oleh kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi pada tahun 2010, beasiswa ini sudah banyak memberi mafaat kepada pemuda-pemuda indonesia yang berasal dari golongan ekonomi bawah untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Sebuah pemikiran seorang siswa miskin yang merasa bahwa bangku perkuliahan adalah hal mustahil baginya karna sebuah tembok uang raksasa yang membatasi dirinya untuk mencapai cita-cita, tapi sekarang pemikiran itu dehempas jauh oleh pemerintah melalui bidikmisi, sehingga pemuda yang kurang secara konomi bisa melanjutkan pendidikan keperguruang tinggi serta berusaha mencapai impian serta menyalurkan aspirasi untuk pembangunan indonesia. Hal ini telah membuktikan bahwa bidikmisi telah menghidupkan kembali harapan masyarakat yang tidak mampu dan mempunyai potensi akademik baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi.
Sudah sangat nyata bahwa bidikmisi telah berhasil menghasilakn sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutus mata rantai kemisikinan dan pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa bidikmisi mempunyai semangat yang tinggi serta perjuangan yang tanpa lelah untuk mencapai cita-citanya. Banyak sekali mahasiswa bidikmisi perguruan tinggi di indonesia yang telah menoreh prestasi lokal, nasional, maupun global. Dari itu bidikmisi sangat membantu indonesia untuk mencapai kemajuan, kalau saja pemerintah tidak memberikan bidikmisi maka para mutiara bangsa yang terpendam tidak akan bisa memunculkan diri dan mengubah wajah indonesia nantinya.
Beasiswa bidikmisi memang di khusukan untuk masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Tapi pada prakteknya masih ada penerima bidikmisi yang berasal dari ekonomi yang kuat, bahkan memiliki mobil, rumah mewah dan usaha keluarga yang lancar jaya, tapi dia malah mendapatkan bidikmisi. Ini merupakan pekerjaan rumah besar bagi tim survei lapangan bidikmisi, karna masyarakat yang seperti ini biasanya menyembunyikan harta bendanya kerumah orang lain terlebih dahulu sebelum tim survei datang dan bahkan ada yang memakai rumah neneknya untuk disurvei tim bidikmisi bukan rumah asli dia. Seharusnya tim bidikmisi lebih teliti lagi dan menanyakan kepada masyarakat sekitar mengenai kondisi dari ekonomi sang pelamar bidikmisi agar bidikmisi tepat pada sasarannya, jangan sampai beasiswa yang sangat bermafaat ini salah sasaran.
Ada penulis jumpai penerima bidikmisi yang malu menyatakan dirinya sebagai mahasiswa bidikmisi. Entah apa yang dia pikirkan sehingga malu menyatakan dia mahasiswa bidikmisi, sebenarnya kita yang berasal dari ekonomi yang kurang harus lah berbangga sebagai penerima bidikmisi karna kita mampu membantu orang tua dengan biaya kuliah yang gratis serta uang tunjangan kehidupan yang sangat memadai dan nyatanya di bangku perkuliahan penerima bidikmisi dan mahasiswa biasa tidak ada bedanya, semua fasilitas kampus sama-sama di nikmati dan tidak ada perlakuan miring terhadap mahasiswa bidikmisi. Jadi tidak ada alasan kita malu sebagai mahasiswa bidikmisi. Maka saat anda membaca artikel ini buanglah rasa malu anada sebagai penerima bidikmisi tapi apabila merasa masih malu berarti anda yak pantas menerima bidikmisi dan berikanlah beasiswa anda kepada teman-teman yang lebih membutuhkan.
Mahasiswa bidikmisi adalah mahasiswa harapan bangsa, mahasiswa pemutus rantai kemisikinan di indonesia, maka pemerintah harus lebih lagi memperhatikan mahasiswa bidikmisi. Sebagai penerima bidikmisi penulis berharap kepada pemerintah agar memberikan suatu pelatihan berbagai skil serta diadakan kompetensi bidikmisi seluruh indonesia di bawah naungan pemerintah, selain itu seharusnya pemerintah memberikan penghargaan buat perguruan tinggi yang memiliki banyak kegiatan bermafaat untuk mahasiswa bidikmisi. Satu keluhan mahasiswa bidikmisi kepada pemerintah yaitu pencairan dana, pemerintah seharusnya bisa mencairkan dana dengan tepat waktu karna masih ada pencairan yang terlambat dan bahkan bisa terlambat satu bulan, pencairan ini sangat penting karna mengigat bahwa mahasiswa bidikmisi adalah mahasiswa kurang mampu secara ekonomi dan sangat membutuhkan dana dari pencairan bidikmisi untuk proses perkuliahan.
Penulis disini mengajak kepada seluruh mahasiswa penerima bidikmisi untuk lebih kreatif dan semangat untuk mengejar cita-cita serta untuk bisa lebih hemat lagi dalam mengelola dana yang kita terima dari bidkimisi. Terus capai mimpi kita karna keterbatasan ekonomi bukan lagi sebagai penghalang kita dalam mencapai impian sebab pemerintah melalui bidikmisi telah membantu kita untuk ikut serta membangun bagsa ini,  karna kita adalah mutiara bangsa yang terpendam, telah dibangkitkan dan akan bersinar untuk negeri. (***)
Penulis adalah mahasiswa penerima BIDIKMISI fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Jambi
Loading Facebook Comments ...