Pameran Alutsista Bentuk Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

0
Pameran alutsista. Foto: Istimewa
SERUMANADO.COM, Manado – Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito mengatakan pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Selain sebagai wahana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat serta memberikan edukasi dan rasa kecintaan kepada TNI, kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat karena TNI dan rakyat tidak bisa dipisahkan,” kata Warsito dalam sambutan tertulis dibacakan Kasdam Brigjen TNI Santos di Manado, Jumat (29/9).

Hal itu disampaikan saat membuka pameran Alutsista TNI yang berlangsung di Lapangan Megamas, kawasan Bolevard Manado.

Ia mengatakan pameran ini dapat menarik minat masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) untuk bersama-sama melihat dan menyaksikan secara langsung pameran Alutsista ini.

Pada pameran ini, TNI dari tiga matra akan menampilkan atau memamerkan Alutsista atau komponen lainnya, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat Indonesia, khususnya warga masyarakat Sulut.

TNI AD akan menggelar berbagai kendaraan tempur, seperti Panser Anoa, Recovery dan Tarantula serta kendaraan khusus EOD atau penjinak bahan peledak .

Senjata artileri medan Meriam 105 mm dan Helly Mi-17 yang merupakan sarana angkut prajurit di medan operasi dan berbagai jenis senapan serbu beserta alat perlengkapan tempur lainnya dari satuan jajaran Kodam Merdeka.

TNI AL akan memamerkan berbagai senjata khusus Prajurit Marinir Angkatan Laut dari satuan jajaran Lantamal VIII Manado.

TNI AU akan menampilkan manekin penerbang dan kendaraan MCT (Mobile Crash Team), suatu kendaraan yang dirancang dan dimodifikasi secara khusus agar dapat berfungsi sebagai pos komando keadaan darurat dari Lanud Sam Ratulangi Manado.

Pada pameran berlangsung 29-30 September tersebut, masyarakat juga dapat menyaksikan pemutaran berbagai film perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, atraksi ketangkasan Prajurit TNI dan panggung hiburan.

Hadir pada pembukaan itu antara lain Danlantamal Manado Laksamana Pertama TNI Suselo, Wakapolda Brigjen TNI Johanis Asadoma serta unsur Forkopimdan lainnya. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: