Pansus: Perpanjangan Masa Kerja Tergantung Hasil Paripurna

0
Wakil Ketua Panitia Khusus Hak Angket DPR terkait Tugas dan Kewenangan KPK, Masinton Pasaribu. Foto: Istimewa
SERUNESIA.COM, Jakarta – Wakil Ketua Panitia Khusus Hak Angket DPR terkait Tugas dan Kewenangan KPK, Masinton Pasaribu, mengatakan keputusan perpanjangan masa kerja Pansus akan diputuskan dalam Rapat Paripurna, setelah dilaporkan hasil kinerja selama 60 hari.

“Nanti Pansus akan melaporkan ke paripurna. Paripurna yang akan memutuskan perlu diperpanjang atau tidak,” kata Masinton Pasaribu di Gedung Nusantara, Jakarta, Kamis (14/9).

Dia mengatakan Pansus akan mengambil keputusan apakah mengusulkan masa kerja diperpanjang atau tidak, dan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR.

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan Pansus akan mengusulkan perpanjangan apabila dinilai masih perlu waktu mendalami beberapa laporan dan temuan yang belum sempat dilakukan pendalaman “Kalau memang kami rasa sudah cukup, ya kami sampaikan ke paripurna bahwa cukup. Itu masih opsi,” ujarnya.

Masinton mengakui bahwa masih ada beberapa temuan Pansus yang perlu didalami misalnya mengenai penyadapan yang dilakukan KPK dalam melaksanakan tugas pemberantasan tindak pidana korupsi.

Selain itu, menurut dia, terkait temuan Pansus yang perlu dimintai audit kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga butuh waktu untuk melihat hasilnya.

“Itu butuh waktu. Menurut kami kemungkinan diperpanjang tergantung internal nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pantia Khusus Angket DPR terkait Tugas dan Kewenangan KPK mengusulkan perpanjangan masa kerja Pansus karena belum bisa mengambil kesimpulan akhir apabila belum bertemu pimpinan KPK, kata Wakil Ketua Pansus Taufiqulhadi.

“Kami pimpinan kemungkinan akan meminta seluruh anggota untuk bersedia diperpanjang masa kerja pansus,” kata Taufiqulhadi di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (13/9).

Dia mengatakan Pansus Angket belum bisa bertemu Pimpinan KPK dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), padahal itu merupakan hal penting sebelum Pansus mengambil kesimpulan akhir.

Dia menilai pertemuan itu penting sebelum Pansus mengambil kesimpulan, untuk mengonfirmasi temuan-temuan selama hampir 60 hari bekerja.

“Karena kesimpulan sepihak itu menurut saya tidak adil, untuk kami tidak adil, maka itu perlu dikonfirmasikan,” ujarnya.

Menurut politisi Partai Nasdem itu, apabila temuan-temuan Pansus telah terkonfirmasikan maka pihaknya bisa mengambil kesimpulan yang akan dibawa dalam Rapat Paripurna setelah tanggal 28 September. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...